7 Pilihan Nasi Uduk Spesial yang Gurih dan Enak

7 Pilihan Nasi Uduk Spesial yang Gurih dan Enak

7 Pilihan Nasi Uduk Spesial yang Gurih dan Enak

Nasi uduk sebagai salah satu makanan favorite masyarakat Jakarta pada pagi hari. Umumnya beberapa orang saat sebelum pergi ke kantor selain biasanya membikin mie instan untuk sarapan banyak juga yang sering menyempatkan diri dulu untuk membeli nasi uduk terdekat dengan rumah atau kantor sebagai bekal sarapan. Sesuai pilihan nasi uduk spesial masing-masing.

Tidak sama dengan nasi gurih biasa, nasi uduk spesial memiliki warna sedikit kekuning-kuningan dan bulir nasinya tidak lekat dengan yang lain. Ini karena ada proses memasaknya dengan diaron beserta air paduan santen kelapa, laos, daun salam serta serai yang diproses dengan kukusan sampai masak.

Biasanya beras yang dipakai untuk membikin nasi uduk spesial ialah beras pera, maka dari itu menciptakan struktur yang padat. Tetapi sebagian orang kerap memilih beras yang pulen supaya hasilnya juga lebih pulen dan gurih.

Di Indonesia ini ada banyak jenis dan penyajian nasi uduk spesial dengan keunikan rasa dan lauk yang berbeda. Di antara beberapa macam pilihan nasi uduk spesial itu antara lain :

nasi uduk semur jengkol

Nasi uduk semur jengkol

Yang pertama menjadi pilihan nasi uduk spesial adalah warung nasi uduk semur jengkol yang populer di Jakarta Barat. Namanya ialah Warung Nasi Uduk Bang Udin di wilayah Rawa Belong. Di sini punya Resep Nasi Uduk semur jengkol yang spesial.

Paduan Nasi uduk semur jengkol dengan empal goreng merupakan andalan warung milik Bang Udin ini. Nasi uduk bersama iris-irisan jengkol yang dimasak bersama semur yang  bercita rasa pedas yang mantap dan dibuat dengan bumbu lada semur jengkol dan sambal kacang yang dihidangkan dalam piring.Tapi rasa pedasnya tidak membuat lidah jera namun justru membuat ketagihan untuk kembali memotong jengkol.

Bang Udin adalah generasi ke-2 pengelola Warung Nasi Uduk Bang Udin di Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta. Usaha warung nasi uduk pertama kalinya dilakukan oleh ayahnya di tahun 1986 yaitu Dasuki.

Baca Juga :  Martabak Manis Teflon Spesial Menggugah Selera

Bau jengkol yang umumnya menyebar di mulut pun tidak ada. Yang berada di mulut cuman rasa gurih dan ketagihan. Sambal kacang membuat lidah semakin malas untuk berhenti mengunyah. Empal goreng sebagai teman menyantap nasi uduk tidak kalah jauh dalam soal rasa. Rasa gurih dari rendaman bawang putih, garam, dan bumbu-bumbu lain menyebar di mulut.

nasi uduk betawi

Nasi Uduk Betawi

Cara membuat nasi uduk ini benar-benar unik yakni nasinya dibungkus dengan pelepah pisang berwujud kerucut. Dipadu dengan ayam goreng, semur, bihun sampai lalapan serta sambal dan sayur asam.Hidangan nasi uduk Betawi ini cukup spesial. Menu andalannya yang dapat dinikmati adalah ayam bakar, lele, gurame, bawal, babat sampai udang. Harga rata-rata mulai dari Rp 15.000 saja.

nasi uduk palagan
nasi uduk palagan

Nasi Uduk Palagan

Berada di daerah Yogyakarta, hampir tiap hari tempat ini selalu ramai dan dipenuhi oleh kendaraan yang terparkir. Disebut nasi uduk Palagan karena terletak berada di wilayah Palagan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ciri-ciri uniknya Nasi Uduk Spesial ini ialah gabungan lauknya yang beraneka macam. Porsinya pun bisa memilih porsi besar maupun yang sedang.

Cara bikin nasi uduk di sini agak lain dengan yang ada di Jakarta. Di sini nasi uduknya dbungkus berbentuk persegi menggunakan daun pisang dan diberi daun kemangi dan serundeng serta cara penyajiannya dibakar sampai daun pisangnya berwarna coklat.

Kalau untuk nasi goreng uduk ebi, penyajiannya menggunakan box dan diberi label Nasi Uduk Palagan. Lauknya nasi uduk pun bermacam-macam, ada empal, ayam bakar,cumi, dan daging sapi.

nasi uduk pasar thomas

Nasi Uduk Pasar Thomas

Lapar saat pagi hari? Tak perlu cemas, bila kamu ingin merasakan nasi uduk Betawi sebagai pengganjal perut pada pagi dini hari, nasi uduk Pasar Thomas merupakan lokasi yang cocok untuk ditemui. Warung ini menjadi tujuan utama bagi orang-orang yang mencari nasi uduk spesial untuk makan pagi.

Cara buat nasi uduk di sini sepintas memang biasa-biasa saja tetapi mempunyai citarasa yang gurih dan porsi yang cukup banyak, di sini kamu bisa memilih banyak sekali lauk sebagai tambahan, seperti daging balado, telur balado, sambal kacang dan sayur urap . Disamping nasi uduk, warung ini pun menyajikan menu lain seperti nasi goreng komplet dan nasi kuning.

Baca Juga :  Nasi uduk semur jengkol Bang Udin Rawa Belong

nasi uduk kampung

Nasi Uduk Kampung

Salah satu lokasi tempat jualan Nasi Uduk Kampung yang lumayan enak berada di wilayah Perumahan Citra Raya, Kabupaten Tangerang. warung ini dibuka khusus saat malam hari di dalam kios perumahan itu.

Cara masak nasi uduk yang satu ini betul-betul unik. Bumbu kacangnya jadi salah satu menu andalannya, ditambah lagi ltersedia banyak lauk pauk yang bervariasi. Banyak pelanggan yang mencicipi Nasi Uduk Kampung tiap malamnya. Lauk tambahan yang disediakan diantaranya ayam goreng, paru goreng, serta tak ketinggalan tahu dan tempe dan juga semur jengkol. Walaupun terkesan sederhana namun warung ini juga menjadi nasi uduk spesial pilihan orang-orang penggemar nasi uduk.

nasi uduk McD

Nasi Uduk McD

Restaurant McD juga tidak mau kentinggalan dalam menyediakan makanan untuk sarapan. Di restoran ini juga menjual menu nasi Uduk yang dikemas dengan beberapa paket. Paket ini berisi antara lain nasi uduk, ayam goreng crispy, telur ceplok, sambal terasi, bawang goreng yang dibungkus dengan kemasan plastik. Porsi nasinya lumayan sedikit, kurang lebih seukuran kepalan tangan orang dewasa. Namun penyajian sambal terasi dan bawang gorengnya lumayan banyak sehingga cocok untuk satu porsi menu makan.

Dilihat dari cita rasanya sebagian besar sama dengan nasi uduk yang kerap kita temui di warung-warung, tetapi ada sesuatu yang berbeda dari nasi uduk McD ini. Menu tradisional dari nasi uduk ini dipadukan dengan lauk ayam krispi ciri khas McD. Kebayang donk rasanya kayak apa?

Memang cara membuat nasi uduk yang sederhana serta lokasi yang kurang prestige membuat nasi uduk tradisional tidak semahal dan sebagus nasi uduk restaurant. Tetapi masalah citarasa dan harga, nasi uduk tradisional pemenangnya. Pas untuk mereka yang hendak merasakan makanan yang memiliki ciri khas Indonesia dengan rasa dan tradisi memasak Nusantara yang turun-temurun.

Baca Juga :  Olahan Ubi Jalar Kukus Yang Lembut Dan Enak

nasi uduk bungkus

Nasi uduk bungkus Kebon Kacang

Salah satu nasi uduk bungkus legendaris yang berada di Jakarta dapat kamu nikmati di daerah Kebon Kacang, Jakarta. di sini nasinya dibungkus menggunakan daun pisang yang dibuat kerucut dan di bagian atasnya diberi bawang goreng.

Nasi uduknya dinikmati bersama dengan beragam lauk pauk seperti udang goreng, empal, telur dadar sampai sayur asem. Sehingga bukan hanya sekedar sesuai untuk menu makan pagi tapi juga untuk makan malam.

Demikianlah 7 Pilihan Nasi uduk Spesial yang Gurih dan Enak yang banyak disukai para penikmat kuliner. Dari semua pilihan tersebut dapat disimpulkan bahwa tentu saja yang banyak berbeda adalah dari lauknya nasi uduk yang bisa bermacam-macam variasi.

Nasi uduk komplit dapat dikombinasikan dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng maupun telur balado. Dan kalau untuk nasi uduk Betawi yang dikombinasikan adalah semur jengkol, tahu dan tempe, telur balado, bihun goreng, empal daging serta sambal kacang.

Banyak juga orang yang membuat nasi uduk tidak secara tradisional namun membuatnya secara instan yaitu dengan rice cooker atau magic jar, meskipun nasi uduk rice cooker ataupun magic jar lebih praktis. Namun banyak orang masih tetap menggunakan cara tradisional untuk menghasilkan tekstur nasi yang pulen dan tentu saja lebih enak.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Nasi Uduk,Nasi Uduk Rice Cooker ,Nasi Uduk Kampung ,Nasi Uduk Mcd ,Cara Membuat Nasi Uduk ,Lauknya Nasi Uduk ,Nasi Gurih ,Nasi Uduk Betawi ,Nasi Uduk Bungkus ,Nasi Uduk Komplit ,Nasi Uduk Palagan ,Nasi Uduk Pasar Thomas ,Nasi Uduk Semur Jengkol ,Nasi Uduk Spesial,Resep Nasi Uduk Betawi