Kalori Singkong Rebus

Kalori Singkong Rebus Untuk Diet Seimbang

Kalori Singkong Rebus – Dalam makanan Singkong rebus terkandung zat-zat antara lain calcium, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, vit C, vit B, serta amillum. Dalam 100 gr singkong rebus, terkandung 112 kalori, 28 gr, karbohidrat, 1,5 gr protein, serta 2 gr serat. Sehingga Kalori Singkong Rebus sudah tercukupi nilai gizinya dalam satu kali porsi makan.

kalori singkong rebus

Salah satu makanan Alternatif penganti Nasi Putih

Banyak orang kini mulai berganti makanan pokok dari nasi putih ke jenis karbohidrat compleks yang lebih sehat. Disamping nasi merah, satu diantaranya alternatifnya ialah singkong. Umbi yang memiliki warna putih ini mempunyai ciri khas rasanya yang gurih alami serta keberadaannya sangat  gampang didapati. Nach, Anda yang penasaran ingin mencoba diet singkong, silahkan baca  ulasannya di bawah ini.

Jika Anda ingin memperoleh karbohidrat compleks yang dapat membuat kenyang serta ingin makanan yang rasanya enak tak perlu ditambahkan lagi bumbu-bumbu, maka singkong ialah makanan yang cocok untuk semua kriteria tadi. Tidak sekedar membuat kenyang, singkong berkadar gula rendah serta mempunyai kandungan kalori yang rendah pula.

Diambil dari bermacam sumber, singkong disarankan dikonsumsi untuk  pengidap penyakit diabetes yang menjadi makanan pengganti nasi. Jenis Umbi ini  memiliki kandungan antara lain : mineral, mangan, sebagai unsur dalam proses pembekuan darah, menambah hormon sex, serta memperkuat tulang.

Baca Juga :  Pusat Keuangan Amerika Serikat

Jika dimasak dengan tepat, singkong dapat memproduksi senyawa bioaktif yang bisa menambah kesehatan tubuh manusia, utamanya dalam mencegah penyakit kanker dan jantung. Untuk menjaga agar tubuh yang semakin sehat serta memiliki bobot yang ideal, maka dalam mengkonsumsi singkong sebagai makanan alternatif penganti nasi, dianjurkan untuk diolah dengan  cara direbus atau dikukus. Hindarkan pengolahan dengan cara digoreng. Karena, kandungan minyak pada makanan yang digoreng bisa menjadi lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh.

Porsi Ideal Sesuai Pedoman Gizi Seimbang

Sebagai alternatif nasi putih, porsi yang direkomendasikan oleh Kemenkes RI pada Pedoman Gizi Seimbang ialah 1.5 potongan singkong (120 gr) dalam setiap satu kali makan. Sehingga sesuai Pedoman tersebut Kalori Singkong Rebus telah memenuhi standard nilai yang dianjurkan. Tetapi tidak sekedar hanya porsi singkong saja, Anda pun harus juga melihat lauk pauk pasangannya apakah memiliki nilai gizi seimbang atau tidak.

Meskipun telah mengkonsumsi karbohidrat compleks yang mengandung banyak serat, Anda haruslah tetap mengkonsumsi lauk sehat yang alami serta sayur-sayuran. Saat sebelum dimakan, yakinkan singkong tidak diolah terlampau lama.Makin lama diolah, index glikemik dalam singkong akan bertambah tinggi. Namun, tidak boleh makan singkong mentah ya. Singkong yang mentah berisi zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepas sianida dalam tubuh. Tentu saja ini sangat bahaya. Perlu diingat juga kupas bersih kulitnya serta bersihkan singkong saat sebelum dimasak.

Baca Juga :  4 Kabar Terbaru Park Shin Hye Dengan Choi Tae Joon

Apakah Ada dampaknya?

Sampai sekarang ini tidak ada kajian secara klinis yang menyatakan jika diet singkong mengakibatkan efek samping. Karena pada prinsipnya, singkong hanya sekedar mengandung karbohidrat. Tetapi, bila karbohidrat itu dikonsumsi dengan jumlah berlebihan, hal demikian malah dapat menimbulkan kegemukan. Juga tidak boleh menjadikannya singkong sebagai satu-satunya makanan untuk mencukupi asupan nutrisi. Anda selalu membutuhkan protein lain supaya seimbang.

Sehingga agar memperoleh hasil yang optimal dari singkong, Anda harus juga mencukupinya dengan lauk yang sesuai selera Anda, dan kalori serta porsi yang tepat. Tinggalkan  perilaku yang tidak baik, contohnya mengkonsumsi gorengan, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula dan soda, serta kurang aktivitas olahraga. Diet apa saja yang tidak disertai dengan berolahraga sekedar hanya membuat tubuh langsing namun tidak mempunyai tenaga (lemas).

Mengubah nasi putih menjadi singkong memanglah bisa mengurangi berat badan. Walaupun demikian, Anda perlu tetap memerhatikan pengolahan, porsi, serta menyelaraskannya dengan mengkonsumsi nutrisi lain, khususnya protein. dr. Nadia menjelaskan jika mengurangi berat badan memerlukan waktu, kesabaran, serta kontinuitas yang tinggi. Tiada tiga hal tersebut, diet singkong sekedar sebagai “variasi” yang tidak memiliki dampak positif apapun untuk tubuh.