aneka olahan ubi jalar kuning

Aneka Olahan Ubi Jalar Kuning

Aneka Olahan Ubi Jalar Kuning – Ketela Rambat atau Ubi jalar merupakan golongan umbi-umbian yang biasa kita dapati secara mudah di mana-mana. Ubi jalar menyimpan serat serta potasium yang diyakini mempunyai banyak fungsi untuk tubuh kita. Ubi jalar ungu atau kuning mempunyai lebih banyak kandungan gula alami daripada kentang, namun memiliki  kalori yang lebih sedikit. Disamping rasanya legit, ubi jalar juga dapat dibeli dengan harga yang amat terjangkau.

Apa kamu tergolong pencinta ubi jalar? Bila ya, barangkali kamu pernah berasa jenuh mengkonsumsi ubi yang hanya direbus saja tanpa dikreasikan macam-macam. Nach, berikut kami berikan beberapa tips dan inspirasi aneka olahan ubi jalar kuning yang bisa dikreasikan menjadi bermacam-macam bentuk olahan yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Kue Klepon

olahan ubi kekinian

Kue klepon tergolong jenis jajanan pasar yang rasanya tak perlu disangsikan lagi. Meskipun dulu kue ini sebagai makanan unik dari kampung, di era saat ini banyak pula warga perkotaan yang menyukai kue basah ini.Secara  umum kue klepon dibuat dari tepung ketan dan ubi jalar , dibikin bundar dan di dalamnya berisi gula merah. Setelah dikukus masak, kue yang mempunyai tekstur legit ini dihidangkan dengan ditaburkan  parutan kelapa. Disamping rasa manis dari kue tersebut, parutan kelapa menambah cita-rasa gurih pada kue ini.

Timus Ubi Jalar

aneka olahan ubi jalar kuning

Timus ubi jalar sebagai satu diantara bentuk cemilan yang ringan serta simpel dapat dibuat sendiri dirumah. Rasanya yang kenyal dan agak manis menjadikan cemilan yang satu ini pas dimakan saat masih hangat. Umumnya timus ubi jalar dihidangkan dengan teh panas atau kopi.

Cemilan yang memiliki tekstur bulat lonjong ini diolah dengan paduan dari ubi jalar kukus yang sebelumnya sudah dilumatkan, tepung tapioka, dan diberi tambahan sedikit gula. Untuk tambahan isian, umumnya timus dikasih isian gula merah, keju, atau isian lain tergantung selera. Cemilan ini umumnya diolah memakai minyak panas dengan setelan api sedang dan digoreng hingga warna menjadi kecoklatan.

Baca Juga :  Nasi uduk semur jengkol Bang Udin Rawa Belong

Bubur Candil

aneka olahan ubi jalar kuning

Bubur candil sering kita temui di waktu bulan Puasa. Memiliki Rasa yang manis benar-benar pas dikonsumsi sebagai menu takjil, ditambah lagi disuguhkan pada saat masih hangat. Bubur manis ini kerap dijuluki dengan nama kolak biji salak.

Adonan candil sendiri dibuat dari paduan ubi tepung tapioka dan ubi kuning. Selesai dibikin berbentuk bulat-bulat kemudian dikukus sampai masak, baru dituang dengan kuah yang dibuat dari gula merah, gula pasir, serta sedikit larutan tepung tapioka. Untuk menambahkan rasa sedap kebanyakan ditambahi juga daun pandan.

Brownies Ubi

aneka olahan ubi jalar kuning

Brownies adalah kue coklat yang diolah melalui cara dipanggang. Kue ini mengandung komposisi campuran dari cookies dan kue. Dengan melewati proses dipanggang, kue brownies mempunyai komposisi yang renyah di luar serta lembut didalam.

Kian lama, kue yang diciptakan pertama kalinya di Amerika ini telah banyak melewati proses pengembangan. Campran  bahan lain semacam keju, strobery, bahkan juga ubi jalar membuat kue berwarna coklat ini mempunyai banyak varian. Dari sisi rasa dan bentuk, brownies ubi jalar kuning juga tak kalah ketinggalan variasi dari kue brownies lainnya.

Donat Ubi

aneka olahan ubi jalar kuning

Kue donat ialah cemilan sudah terkenal di mana-mana. Meskipun saat ini kue ini telah banyak dijumpai  di banyak toko kue maupun di warung-warung, banyak yang mencoba untuk berkreasi menciptakan donat sendiri di rumah. Disamping lebih irit, aspek kebersihan serta kesehatan merupakan alasan untuk dapat membuat sendiri.

Dari sekian waktu kue berupa bulatan dengan lobang di tengah ini lebih banyak pengembangan serta perubahan bentuk. Satu diantaranya yakni kue donat yang dikombinasikan dengan ubi jalar kuning sebagai bahan utamanya. Tambahan ubi jalar kuning membuat selera manis alami pada kue donat. Kue ini sesuai disuguhkan dengan teh atau kopi hangat waktu sedang rileks di rumah.

Baca Juga :  Aneka Resep Mie Yang enak dan Mudah

Kue Talam Ubi

aneka olahan ubi jalar kuning

Siapa sich yang tidak mau jajan tradisionil ciri khas Indonesia? Disamping rasanya nikmat, harga yang dapat dijangkau jadi pilihan kenapa jajan tradisionil begitu disukai oleh bermacam orang. Ada banyak cemilan tradisionil yang dapat secara mudah kita jumpai di pasar.

Dari beberapa macam cemilan itu, kue talam ubi menjadi satu diantara yang banyak digemari. Kue ini secara prinsip adalah paduan dari berbagai macam tepung antara lain : tepung beras, tepung sagu, tepung tapioka, serta tepung terigu, lalu digabungkan dengan santan.

Akan halnya hasil kreasi olahan kue talam, disamping tambahan ubi jalar kuning, kue talam biasa ditambah menggunakan bahan lain diantaranya kue talam pisang, durian, tape, lapis ketan, dan sebagainya. Rasanya yang manis benar-benar cocok jadi kudapan saat petang.

Ubi Jalar Goreng

aneka olahan ubi jalar kuning

Kerap kali kita dapatkan ubi jalar goreng dijual di tepi jalan oleh penjual gorengan keliling. Tetapi Anda bisa juga menciptakan olahan ubi ini di dalam rumah dengan mudah. Disamping lebih irit, lebih terjaga kebersihannya.

Mengolah ubi jalar goreng dapat diawali dari mengiris-iris ubi yang telah dikupas dan dicuci jadi bagian-bagian yang tidak begitu tipis, lapisi dengan tepung, selanjutnya dapat langsung dimasak. Goreng sampai berwarna kecoklat-coklatan selanjutnya langsung siap disuguhkan. Ubi Jalar Goreng merupakan aneka olahan ubi jalar kuning yang mudah dibuat dan pasti anti gagal.

Kue Putu Ayu

aneka olahan ubi jalar kuning

Jajan pasar yang  banyak pula diminati ialah kue putu ayu. Kue tradisionil ini umumnya dihidangkan dalam bentuk beraneka warna yang indah dan berwujud  bunga-bunga. Disamping dari bentuknya yang menawan, rasa gurih serta legit dalam kue ini jadi pesona khusus untuk para penggermarnya.

Baca Juga :  10 makanan pilihan pendamping Lauknya Nasi Uduk

Kue yang berbentuk bulat dan dberi  parutan kelapa di bagian atas memiliki  banyak varian. Satu diantaranya kue putu dengan paduan ubi jalar kuning. Kue putu sangat cocok dihidangkan di saat masih hangat dengan didampingi satu cangkir teh hangat.

Puding Ubi

aneka olahan ubi jalar kuning

Olahan ubi jalar kuning yang lain barangkali dapat kamu coba ialah puding ubi. Puding adalah makanan penutup atau kerap kita sebutkan dengan istilah desert yang dibikin dengan ditanak. Makanan ini mempunyai komposisi yang lembut dan halus.

Banyak bahan yang kebanyakan dikombinasikan dalam membuat puding antara lain susu, buah-buahan, santan,yogurt,  dan lain-lain. Resep puding ubi jalar sendiri bisa secara mudah dicari di internet.

Ubi Kremes

aneka olahan ubi jalar kuning

Ubi kremes sebagai satu diantara jajan pasar unik indonesia yang barangkali telah sangat sedikit kita jumpai akhir-akhir ini. Tetapi, ubi kremes bisa jadi camilan favorit yang dapat dibikin sendiri di rumah.

membuat ubi jalar kuning diolah menjadi kremes sebetulnya cukup mudah. Kamu dapat awali dengan memarut dengan agak kasar ubi yang telah dibersihkan. Selanjutnya siapkan air dicampur dengan garam untuk merendam ubi yang sudah diparut tadi, kemudian dilumuri gula merah. Lalu proses paling akhir adalah digoreng menggunakan minyak. Ubi kremes sendiri sangat enak dikonsumsi pada kondisi dingin.

Itulah tadi macam-macam olahan ubi jalar kuning yang sangat populer di Indonesia mulai zaman dulu sampai sekarang. Jajanan pasar sebagai peninggalan tradisionil di nusantara yang harus dilestarikan. Oleh karena itu kita mesti selalu menyukai makanan-makanan khas Nusantara.