Cara Membuat Pizza Dengan Oven

Cara Membuat Pizza Dengan Oven

Cara Membuat Pizza Dengan Oven – Siapa yang tidak suka dengan pizza, makanan asal Itali yang berasal dari sejenis roti. Sekarang ini sudah banyak cara membuat pizza dengan mudah, salah satunya cara membuat pizza dengan oven. Adapun caranya sebenarnya hampir sama dengan membuat pizza biasanya, hanya saja medianya yang membedakan. Yaitu, dengan cara berikut :

Bahan untuk membuat pizza dengan oven

Pertama kali pastinya Anda harus menyiapkan bahan untuk membuat pizza tersebut. Diantaranya adalah bahan seperti terigu, telur, susu cair, mentega dan beberapa bahan lainnya. Sedangkan, ada juga bahan lainnya yang perlu disiapkan sebagai topping karena pizza memang menggunakan topping di atasnya.

Cara Membuat Pizza Dengan Oven

Dimana topping disesuaikan dengan selera Anda. Jika Anda menyukai topping asin seperti pada umumnya, bisa menggunakan sosis, keju, irisan tomat dan saos. Tapi bisa juga Anda menggunakan topping manis seperti oreo, coklat dan keju ataupun remahan biskuit manis.

Adonan untuk membuat pizza dengan oven

Cara membuat pizza dengan oven tetap melalui pembuatan adonan yang sama, bukan berarti karena menggunakan oven ada perbedaan pada olahan adonannya. Mungkin membuat adonan semuanya hampir sudah mengetahui caranya, dengan menggabungkan semua bahan yang tersedia dengan secara urut dan sesuai takarannya.

Baca Juga :  Nasi Uduk Rice Cooker, Cara Memasak Yang Enak

Membuat adonan juga bisa Anda kreasikan, tapi sekarang kita akan fokus dulu pada proses membuatnya.

Siapkan dan Panaskan Oven

Sambil menyiapkan adonan yang harus dibuat mengembang terlebih dulu, siapkan terlebih dulu oven yang akan digunakan. Pastikan untuk memanaskan oven ketika adonan sudah hampir siap untuk dipanggang. Panaskan kurang lebih 10 hingga 15 menit sebelum adonan pizza siap.

Tips ini memang dbuat berdasarkan cara buat pizza rumahan, sehingga tidak akan sulit diterapkan. Karena, untuk membuat pizza sebenarnya adalah menggunakan tungku pemanggang khusus yang sudah tersedia. Namun penggunaan oven memang disesuaikan dengan peralatan yang ada di rumah.

Panaskan Adonan

Begitu adonan siap dan oven pun sudah siap dan juga sudah dipanaskan, artinya Anda sudah siap mengeksekusi adonan pizza Anda untuk dimasak dengan menggunakan oven tadi. Setelah Anda menyelesaikan semua tahap, pastinya Anda akan berpikir bahwa cara membuat pizza dengan oven ini lumayan mudah.

Oven hanya sebagai media pengganti yang karakternya hampir sama dengan pemanggang pizza. Ini hanyalah pilihan pertama, selain ada juga pilihan lainnya yang bisa menggunakan teflon maupun wajan.

Baca Juga :  Aneka Olahan Ubi Jalar Kuning

Siap dan Sajikan

Begitu diperkirakan selesai untuk waktu memanggangnya, Anda bisa mematikan oven dan mengeluarkan dari oven serta menyajikannya. Kalau cara ini adalah salah satu pilihan cara membuatnya pada medianya, ada juga pilihan cara membuat berdasarkan adonannya.

Karena, membuat adonan pun juga banyak variasinya. Bisa dengan menggunakan roti tawar yang dibentuk bulat seperti pizza, ataupun membuat pizza dari adonan sisa nasi berlebih. Yang terpenting adalah penggunaan telur untuk menyatukan bahan adonan dan membuatnya lebih mengembang.

Pada dasarnya, membuat pizza bisa dengan berbagai cara yang terpenting pembakarannya pas dan tidak berlebihan. Sama halnya dengan membuat resep pizza rumahan pakai teflon, konsep awal sampai mulai memanggang tidak ada yang berbeda.  Membuat dengan teflon adalah cara kreatif ala rumahan lainnya.

Kreativitas membuat pizza atau makanan lainnya bisa dikreasikan sesuai selera masing-masing ataupun ketersediaan bahan yang ada. Yang utama dalam membuatnya adalah konsep pembuatannya, dimana konsep biasanya seperti cara memasak yang memang seperti dipanggang ataupun membuat adonan yang harus menggunakan telur.