Cara Mendapatkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Sangat Mudah! Inilah Cara Mendapatkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mendapatkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan – Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan istilah BPJS ketenagakerjaan yang erat kaitannya dengan dunia kerja. Siapapun kamu, apapun pekerjaan mu, harusnya kamu berhak mendapat BPJS ketenagakerjaan ini. Terlebih saat ini sedang ada bantuan BPJS ketenagakerjaan dari pemerintah bagi para pekerja.

Memahami Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Untuk bisa menikmati fasilitas BPJS Ketenagakerjaan maka kamu harus registrasi terlebih dahulu. Nah disini kamu akan dijelaskan tentang bagaimana cara daftar bantuan BPJS ketenagakerjaan online supaya kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Sambil membaca tulisan ini, kamu bisa sekalian praktek dengan membuka google chrome.

Pertama, kamu harus buka situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan setelah halaman web sudah terbuka langsung saja kamu pilih daftarkan saya. Kemudian kamu bisa pilih salah satu dari opsi yang tersedia yaitu pemberi kerja, pekerja BPU, pekerja migran, atau jasa kontruksi. Setelahnya, kamu perlu mengisi data yang dipinta dengan sebenar-benarnya.

Ketika kamu sudah selesai mengisi data yang dipinta, kamu tinggal menunggu balasan email pemberitahuan yang berisi tahapan selanjutnya untuk kamu ikuti. Setelah semua data yang diperlukan sudah lengkap, kamu bisa langsung membawanya ke kantor BPJS ketenagakerjaan di kota mu supaya data mu segera diregistrasi.

Baca Juga :  Cara Daftar KTP Online, Cukup 15 Menit Saja

Syarat Menerima Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Saat ini pemerintah memberikan bantuan BPJS ketenagakerjaan bagi para pekerja dengan uang saku sebesar 1 juta rupiah untuk 2 bulan. Namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar setiap pekerja bisa mendapatkan dana bantuan tersebut. Setelah semua syarat sudah terpenuhi, nantinya dana bantuan akan di transfer melalui bank.

Syarat-syarat yang perlu dipenuhi adalah, penerima bantuan merupakan seorang pekerja atau buruh. Kemudian penerima bantuan juga merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan NIK serta menjadi peserta aktif BPJS ketenagakerjaan hingga Juni 2021 dengan gaji minimal 3,5 juta perbulan dan bekerja di wilayah PPKM level 3 atau 4.

Download aplikasi BPJSTKU

Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka HRD perushaan harus melakukan pengajuan ke kantor cabang BPJAMSOSTEK setempat. Setelah peran HRD perusahaan sudah selesai, kamu bisa langsung cek bantuan BPJS ketenagakerjaan 2021. Caranya cukup mudah karena kamu hanya perlu mendownload aplikasi BPJSTKU di playstore lalu registrasi dan cek id BPJS mu.

Kalau saya gak punya aplikasi BPJSTKU terus gimana dong?  Tenang aja, masih ada opsi lain. Kamu bisa pakai cara kedua yakni mengunjungi halaman website. Cara yang kedua ini memang lebih ribet daripada cara yang pertama tadi, tapi tak ada salahnya buat dicoba toh get the point-nya sama yaitu ngecek bantuan BPJS.

Baca Juga :  Cara Redeem Code Genshin Impact Terbaru

Cara cek bantuan BPJS ketenagakerjaan

Nah disini kamu juga perlu tau kalau istilah lain dari BSU adalah BLT yang mana keduanya adalah program bantuan dana dari pemerintah bagi para pekerja. Jika kamu penasaran apakah kamu sudah menerima dana bantuan dari pemerintah atau belum, kamu pun juga bisa melakukan pengecekan dengan beberapa cara.

Cara yang pertama kamu bisa langsung kunjungi situs bsu.ketenagakerjaan.go.id atau bsu.kemnaker.go.id dan cara yang kedua kamu bisa langsung hubungi call center 175 dan menanyakannya pada petugas. Jadi itulah cara cek penerima blt bpjs ketenagakerjaan 2021 yang ternyata mudah banget bukan.

Cara cek bantuan BPJS ketenagakerjaan yang kedua ini bisa kamu lakukan dengan mengunjungi laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/#halaman-cek-bsu lalu masukan NIK dan data pribadi kemudian centang kode verifikasi. Setelah itu klik lanjutkan dan akan muncul status verifikasi dari BPJS Ketenagakerjaan bahwa kamu adalah calon penerima bantuan.

Banyak dari kita yang belum tau apa itu bantuan BPJS ketenagakerjaan dari pemerintah karena minimnya informasi yang tersalur. Sekalinya ada, biasanya informasi itu dipaparkan dengan bahasa yang sulit untuk dipahami. Tapi disini, kamu sudah diberikan informasi dengan bahasa ringan yang mudah-mudahan mudah untuk dimengerti.

Baca Juga :  Begini Cara Daftar Sekolah Online 2021, Cek Yuk!

Sekarang, setelah mengetahui informasi Cara Mendapatkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa langsung cek bantuan BPJS ketenagakerjaan dengan KTP yang kamu miliki. Tapi kalau kamu belum daftar, ya harus daftar dulu dengan cara yang tadi sudah dipaparkan. Lumayan loh dana bantuannya untuk menyambung kebutuhan hidup sehari-hari di masa pandemi hehe.