Manfaat Tanaman Porang

Mengenal Manfaat Tanaman Porang dan Harganya

Manfaat Tanaman Porang – Tanaman porang dibudidayakan oleh para petani bukannya tanpa sebab dan alasan. Selain berikan nilai ekonomis tinggi untuk keuntungan para petani, ternyata porang memiliki banyak sekali manfaat untuk banyak orang. Melalui manfaat yang dimilikinya, maka sangat banyak mereka yang sudah mengetahuinya tidak ragu mengeluarkan uang agar bisa mendapatkannya.

Ada sejumlah manfaat yang diperoleh dari tanaman porang, karena itu Anda harus mengetahui apa saja manfaatnya. Dengan begitu, Anda juga akan tahu akan digunakan untuk apa dan dengan tujuan apa membeli porang dari para petani.

Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan apa saja manfaat dari porang dilihat dari berbagai sisi. Simak ulasan lengkapnya!

Manfaat Tanaman Porang untuk Industri

Sudah banyak diketahui oleh orang-orang saat ini. Di mana melalui porang, perindustrian akan terus berkembang pesar. Sehingga kehadiran porang benar-benar sangat menguntungkan bagi para pelaku industri saat ini.

Lantas apa saja manfaat porang tersebut untuk bidang industri? Berikut penjelasan lengkapnya untuk diketahui:

  1. Dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat lem tentunya ramah lingkungan dalam penggunaannya
  2. Porang juga digunakan sebagai salah satu campuran dalam pembuatan kertas
  3. Pada pesawat terbang dan juga parasut juga menjadikan porang sebagai bahan pembuatan komponennya
  4. Porang juga cara untuk menjernihkan air yang keruh
  5. Porang sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk mengkilapkan kain, kertas, wool dan bahan-bahan imitasi lainnya
Baca Juga :  Kepiting Bakau, Bisnis & Peluangnya

Masih banyak manfaat lainnya dari porang dalam bidang industri yang tentunya akan sangat berguna sekali. Sehingga wajar saja jika nilai ekonomisnya semakin tinggi dari hari ke hari jika dilihat dari manfaatnya yang luar biasa sekali.

Manfaat Tanaman Porang untuk Kosmetik

Ternyata porang juga dimanfaatkan untuk alat kosmetik. Banyak kosmetik menjadikan porang sebagai bahan utama dan juga pelengkap dan secara langsung porang berperan penting untuk kecantikan para wanita saat ini.

Maka dari penjelasan tersebut, perlu kiranya diketahui apa saja manfaat porang untuk kosmetik. Di antaranya adalah:

  1. Porang yang sudah diolah menjadi tepung bisa dicampurkan dengan bengkoang dapat meningkatkan kandung vitamin yaitu C yang membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dari sebelumnya
  2. Porang juga mengandung glukomannan di mana dapat menghilangkan wajah yang berjerawat
  3. Porang pun juga memiliki peran penting yaitu anti inflamasi untuk membantu peradangan di kulit terutama para wanita

Karena bermanfaat sekali untuk kosmetik, maka kegunaan porang di luar negeri pun juga sangat besar sekali. Sejumlah negara sering memanfaatkan porang tersebut terutama untuk kosmetik. Salah satu negara dengan penggunaan porang untuk meningkatkan penggunaan kosmetik lebih baik adalah Jepang.

Baca Juga :  Cara Menanam Porang Untuk Dapatkan Hasil Terbaik

Penggunaan Buah Porang

Setiap bagian dari porang memiliki manfaatnya masing-masing, begitu juga dengan buah porangnya. Anda harus tahu apa kegunaan buah porang tersebut, sehingga bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Berikut kegunaan buah porang yang harus diketahui banyak orang. Di antaranya adalah:

  1. Buah porang memiliki serat tapi tidak berwarna. Namun serat tersebut bisa larut dengan sangat mudah di dalam air bahkan tidak berbau. Tak jarang banyak orang mengolah buah porang ini untuk dijadikan seperti agar-agar supaya bisa dikonsumsi dengan sangat mudah
  2. Pada buah porang juga mengandung glukomannan di mana fungsinya untuk kurangi kolesterol dan juga dijadikan sebagai cara lainnya dalam menurunkan berat badan atau diet

Harga Porang

Untuk harga buah porang ternyata disesuaikan dengan jenis porang itu sendiri. Di mana porang terdiri dari 2 jenis yaitu porang basah dan porang kering. Porang basah berasal dari hasil yang sudah dipanen dan dijadikan satu tumpukan tempat sedangkan porang kering adalah porang yang sudah bisa langsung diolah.

Baca Juga :  Cara Berbisnis Toko Tembakau

Porang kering tentu harganya lebih mahal dibandingkan porang basah. Di mana harga buah porang kering berkisar 55 ribu sampai 65 ribu dalam 1 kg. Sedangkan untuk porang basah harganya berkisar 10 ribu sampai 13 ribu per kgnya. Tetapi harga tersebut akan berubah-ubah sesuai dengan daerah asalnya. Sehingga Anda tidak bisa mematok harga tersebut sama di semua daerah.

Setelah mengenali sejumlah Manfaat Tanaman Porang tersebut dan juga harganya yang terbilang sangat ekonomis, tentu Anda tidak akan pikir dua kali untuk membelinya. Karena porang memiliki segudang manfaat yang sangat diperlukan.