8 Klub Sepak Bola Terkaya Di Dunia

8 Klub Sepak Bola Terkaya Di Dunia 2021

Klub Sepak Bola Terkaya Di Dunia – Siapa apa saja klub sepak bola terkaya di dunia 2021, dirilis oleh Deloitte Football Money League, sebuah situs yang menganalisa dari mana sumber pemasukan klub pada di setiap musimnya. Beberapa waktu yang lalu, situs tersebut merilis data klub apa saja yang paling kaya dengan pemasukan terbesar sepanjang musim lalu.

 

Data dari situs tersebut tidak jauh berbeda dengan daftar klub Sepak Bola terkaya versi FIFA. Sejumlah klub tradisional, masih berada dalam daftar atas. Lalu, apa saja klub sepak bola yang dimaksud tersebut? Berikut ini daftar klubnya dengan pemasukan terbanyak.

Chelsea

The Blues memiliki pemasukan yang cukup besar di musim lalu, karena sukses menjuarai liga Champions. Tim asuhan pelatih asal Jerman, Thomas Tuchel ini berhasil memperoleh pemasukan 469 juta euro/sekitar Rp7,9 triliun.

Paris Saint-Germain

Paris saint-germain memang menjadi klub kaya dadakan di liga Prancis. Akhirnya, mereka sekarang menjadi salah satu klub paling menakutkan di Eropa bahkan di dunia. Dominasi mereka di ligue 1 bisa bilang sulit ditandingi. Prestasi yang semakin meningkat membuat pemasukan semakin besar dan di musim lalu tercatat di angka 540 juta euro/sekitar Rp9,2 triliun.

Baca Juga :  Dampak Positif Dan Negatif Media Social

Manchester City

 Juara liga Inggris musim lalu, Manchester City menjadi salah satu klub yang sukses menjuarai liga lokal. Tentu saja trophy mereka semakin bertambah di bawah asuhan Pep Guardiola. Selain itu, dampaknya juga pemasukan semakin meningkat dan klub Sepak Bola terkaya di dunia 2021 dengan pemasukan 549 juta euro atau sekitar Rp9,2 triliun.

Liverpool

Klub sepak bola Liverpool, telah menemukan jati dirinya lagi setelah datangnya pelatih berkebangsaan Jerman, Jurgen klopp. The Reds mengalami pemasukan dengan jumlah signifikan seiring dengan meningkatnya performa klub.

Di tangan mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut, Liverpool sukses menjadi juara liga Inggris dan liga champion. Atas prestasinya ini, pasukan Merseyside memperoleh keuntungan dari sponsor serta hak siar. Total pemasukan atau revenue mencapai 558 juta euro atau sekitar Rp 9,8 triliun.

Manchester United

Prestasi Manchester United, perlahan memang mengalami peningkatan signifikan. Di musim 2020-2021, The Red Devils sukses menempati posisi kedua klasemen akhir. Posisi tersebut membuat anak asuh anak Ole Gunnar Solskjaer tampil di Liga Champions musim depan.

Baca Juga :  5 Drama Korea Tentang Sekolah Terbaik

Meskipun belum mendapatkan trophy dalam rentang 3 tahun ini, Manchester united tetap memiliki pemasukan yang besar. Musim 2020-2021, mereka sukses memperoleh pemasukan sebanyak 580 juta euro atau sekitar Rp 9,9 triliun.

Bayern Munich

Di liga Jerman, Bayern Munchen menjadi klub yang hampir bisa dibilang sulit tertandingi. Mereka mendominasi liga Jerman dengan sejumlah pemain bintangnya. Alhasil, die Roten sukses menjadi juara liga Jerman selama 9 musim terakhir.

Jadi, wajar saja jika income Bayern Munchen sangat besar baik dari sponsor maupun hak siar TV. Total pemasukan yang mereka dapatkan yaitu sebesar 634 juta euro atau 10,8 triliun di musim 2020-2021.

Real Madrid

Klub sepak bola yang terletak di ibukota Spanyol memang punya daya tarik tersendiri. Real Madrid selalu dihuni oleh pemain bertabur bintang di setiap skuadnya. Beberapa nama kelas dunia misalnya Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, Ronaldo de Lima, Gareth Bale, serta Luis Figo pernah berlabuh di sana.

Pembelian pemain bintang tersebut, tidak hanya meningkatkan pamor club namun juga prestasinya. Keadaan ini akhirnya menjadikan El Real menjadi salah satu klub sepak bola yang terkaya di dunia.  Pemasukan yang mereka dapatkan di musim lalu yaitu sebesar 691 juta euro atau 11,8 triliun.

Baca Juga :  Manfaat Ubi Ungu Untuk Diet

Barcelona

Pandemi covid 19 yang melanda dunia, membuat pemilik klub Sepak Bola terkaya di dunia 2021 akhirnya lebih menghemat belanja pemain. Padahal, mereka gagal meraih juara liga Spanyol musim 2020-2021. Sebenarnya, membutuhkan perbaikan squad agar lebih kuat menghadapi musim selanjutnya. Terlebih lagi, sang bintang Lionel Messi hengkang ke Paris Saint Germain.

Walaupun demikian, ternyata dari segi pemasukan menjadi klub teratas dalam  daftar klub Sepak Bola terkaya di dunia 2021. Blaugrana sukses memperoleh masukan sebesar 715 juta euro atau sekitar Rp 12,2 triliun.