Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing dan Jenis-Jenisnya

Internet Marketing – Penggunaan internet di Indonesia saat ini terbilang cukup besar dan aktif, banyak masyarakat yang menggunakan internet untuk menunjang kebutuhan sehari hari. Tak mengherankan jika pengguna internet di Indonesia salah satu tertinggi di dunia. Mengingat hampir semua sector saat ini sudah terhubungkan ke internet, salah satunya ke bidang bisnis. Kegunaan internet saat ini banyak digunakan dalam dunia internet marketing.

Internet maketing merupakan strategi untuk mengiklankan dan memasarkan sebuah produk/jasa melalui internet untuk meningkatkan penjualan dan mempengaruhi konsumen agar membeli barang/jasa. Di era digital seperti saat ini, internet marketing menjadi metode yang paling efektif untuk berjualan. Selain praktis, jangkauan pemasarannya pun juga lebih luas. Dengan metode yang tepat, bukan tidak mungkin jika jangkauan bisnis anda bisa meluas hingga ke luar negeri. Jadi tak heran jika banyak orang saat ini belajar internet marketing untuk kemajuan bisnis mereka. Kegunaan internet dalam bidang bisnis ini sangat membantu banyak pelaku usaha untuk semakin memperluas jangkauan usaha yang dimilikinya. Namun tentu saja dengan dukungan spesifikasi komputer server yang mumpuni agar bisa memperlancar ekspansi bisnis anda.

Jenis Internet Marketing

Ada banyak jenis internet marketing atau pemasaran online yang bisa anda terapkan di dalam usaha yang sedang dikerjakan, antara lain adalah:

Baca Juga :  5 Jenis Kebutuhan Spesifikasi Komputer Server

Social Media Marketing

Penggunaan social media kini menjadi salah satu media yang banyak dimanfaatkan dalam memasarkan sebuah produk. Menggunakan metode ini, pengusaha bisa mengunggah barang atau jasa serta deskripsi singkat produk yang dipasarkan. Seperti facebook, Instagram, twitter, menjadi media social yang banyak digunakan sebagai media pemasaran. Apalagi jika spesifikasi komputer server yang anda miliki tinggi, tentu ini akan memudahkan anda membuat konten menarik sebagai bahan promosi atau iklan untuk bisnis yang anda kerjakan.

Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper menjadi salah satu profesi sampingan untuk Sebagian orang saat ini. Dengan bekerja menggunakan internet saja, anda bisa mendapatkan pemasukan yang cukup menguntungkan. Kehadiran reseller, tentu akan membuat penyebaran produk usaha anda semakin meluas di kalangan masyarakat. Sehingga  metode pemasaran ini sangat cocok untuk dicoba, baik di kalangan usaha menengah hingga keatas.

Prinsip dari metode pemasaran ini adalah seorang reseller nantinya yang akan mempromosikan produk bisnis kepada konsumen. Target pasar bisa menjangkau lebih luas dikarenakan relasi dari reseller. Semakin banyak bisnis anda memiliki reseller, tentu akan semakin banyak konsumen maupun calon konsumen yang berdatangan dan tentu saja ini akan memberikan keuntungan.

Baca Juga :  4 Harga HP Nokia Terbaru 2021 dan Spesifikasinya

Email Marketing

Dari sekian contoh internet marketing, metode yang satu ini yang bisa diakses secara online. Pengusaha bisa memasarkan barang hanya dengan mengirimkan email kepada konsumen. Biasanya pesan yang dikirimkan melalui email dibuat resmi dan menunjukkan identitas dari sebuah perusahaan atau bisnis.

Influencer Marketing

Sosial media bukan hanya satu-satunya media yang bisa dimanfaatkan sebagai promosi untuk bisnis yang anda miliki. Saat ini influencer marketing juga menjadi metode pemasaran online, apalagi jika pengikut influencer tersebut cukup besar dan berpengaruh di lingkungan masyarakat. Jadi tak heran jika saat ini banyak pelaku usaha yang menggunakan influencer untuk memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki ke masyarakat.

Google Ads

Jenis pemasaran online lainnya yang efektif adalah dengan menempatkan iklan di mesin pencarian Google. Menerapkan metode pemasaran online ini akan membuat profil bisnis anda berada di halaman pertama mesin pencarian Google.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO menjadi jenis internet marketing lainnya yang bertujuan untuk mengoptimalkan website sebuah pelaku usaha atau perusahaan. Apalagi saat ini kehadiran website untuk sebuah bisnis menjadi salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk.

Baca Juga :  Cara Upload File Di Google Drive yang Mudah

Namun tentu saja dibutuhkan konten atau artikel yang tepat untuk membahas mengenai deskripsi produk secara mendetail dan tentunya dengan Teknik SEO yang baik agar website tersebut berada di halaman pencarian teratas dan tentu saja memudahkan website anda dikunjungi banyak konsumen.

Search Engine Marketing (SEM)

Sama seperti SEO, metode ini seperti SEO yaitu dengan meningkatkan visibilitas website di halaman pencarian google.

Materi internet marketing mengenai jenis-jenis internet marketing diatas bisa anda pelajari dan dicocokkan yang manakah sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Dengan belajar bagaimana teori internet marketing yang tepat, bisnis anda bisa memiliki jangkauan yang lebih luas dan tentu saja semakin mendatangkan banyak konsumen yang akan membawa profit bagi bisnis anda.

Kegunaan internet dalam bisnis ini perlu benar-benar anda manfaatkan dengan baik untuk kepentingan bisnis anda dan akan lebih optimal jika anda memiliki spesifikasi komputer server yang berkualitas.