Peluang Bisnis Kepiting Bakau
Peluang Bisnis Kepiting Bakau

Kepiting Bakau, Bisnis & Peluangnya

Peluang Bisnis Kepiting Bakau

Kepiting bakau sebagai satu dari beberapa komoditas perikanan pantai yang memiliki nilai ekonomis cukup penting. Mula-mula kepiting bakau cuman dipandang seperti hama oleh beberapa petani tambak, karena kepiting sering membuat kebocoran pada pematang tambak. Tetapi, saat kepiting memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi, sekarang kehadirannya banyak di cari dan di amankan oleh beberapa nelayan, bahkan juga saat ini kepiting bakau telah banyak di perbudidayakan secara tradisionil di tambak.

Usaha budidaya penggemukan kepiting  sebagai salah satunya kesempatan usaha yang paling prospektif. Hal tersebut ingat kebutuhan pasar export akan kepiting  dari tahun ke tahun makin bertambah, hingga ekstensifikasi budidaya kepiting banyak mulai di rintis oleh beberapa orang di sejumlah wilayah.

1. Customer

Kepiting mempunyai banyak fans, hingga tidaklah aneh bila kepiting ini banyak mulai di perbudidayakan. Konsumen setia khusus untuk kepiting bakau ialah restaurant-restoran seafood, hotel berkelas, warung olahan seafood dan lain-lain. Selainnya rasanya yang sedap, kepiting bakau banyak juga di cari oleh customer karena nilai gizinya yang lumayan tinggi, khususnya zat protein.

Baca Juga :  Cara Memilih Broker Forex Terpercaya

2. Mengawali Usaha

Sebagai salah satunya komoditas export, kepiting bakau mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi baik di pasaran dalam negeri atau luar negeri. Tetapi, semua itu bergantung pada kualitas kepiting tersebut (ukuran tingkat kegemukan kepiting).

  • Tentukan posisi untuk penggemukan dengan keadaan air yang bersih dan jernih dengan salinitas 15-35 ppt, temperatur 24-32 derajat celcius, pH 6,5-8,5, oksigen larut minimum 3 ppm dan tidak terkontaminasi.
  • Bikinlah petakan tambak dengan di pasang pagar yang di buat dari bambu dan waring sekurang-kurangnya selebar 100 m2.
  • Persiapkan bermacam perlengkapan yang di perlukan seperti salinometer, pH mtr., termometer dan test kit kualitas air.
  • Tambajhkan pupuk ke tambak yang sudah siap berbentuk kotoran ayam sekitar 250 g/m2 dan kapur sekitar 150 g/m2.
  • Persiapkan kepiting kempongan yang memiliki ukuran 3 ekor untuk tiap kilogramnya. Selanjutnya tebarkan dengan kepadatan 1 kg (3 ekor) tiap m2.

3. Keuntungan Usaha

Sebelumnya kepiting bakau tidak di perbudidayakan, namun cuman di panen dengan alami saja di alam. Tetapi, ingat keinginan akan kepiting lumayan tinggi karena itu bila cuman memercayakan dari alam saja pasti tidak bisa memenuhi hingga memerlukan budidaya penggemukan kepiting bakau.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Harga Tanaman Porang

Bisnis Kepiting sebagai komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis lumayan tinggi. Nilai jual untuk kepiting bakau dipasaran dapat capai 80-90 ribu per kilogramnya.

4. Kendala Usaha

Usaha budidaya penggemukan kepiting bisa dilaksanakan dengan beberapa cara tertentu yang sejauh ini telah banyak diaplikasikan oleh beberapa petani-petani budidaya. Kepiting memiliki prospect yang paling prospektif karena sanggup datangkan keuntungan yang besar.

5. Taktik Marketing

Pasar sebagai serangkaian dari usaha budidaya penggemukan kepiting, karena kenaikan produksi tidak berpengaruh positif tanpa kekuatan dan kesempatan pasar yang bagus. Berdasar riset, banyak tehnologi yang tidak berkembang karena produk yang meraka menghasilkan tidak mempunyai kejelasan pasar.

6. Kunci Sukses

  • Berikan kepiting bakau dengan pakan berbentuk kepiting tipe wideng (kepiting tambak yang tidak dikonsumsi manusi) atau ikan rucah. Pemberian pakan dilaksanakan sekitar 3-5 % dari berat biomassa dengan frekwensi 1x yakni di sore hari.
  • Kerjakan pergantian air supaya budidaya penggemukan kepiting dapat berjalan secara baik. Triknya dengan masukkan air ke tambak saat air laut sedang pasang dan buang di saat air laut sedang kering.
  • Bikinlah peneduh pada beberapa tambak kepiting. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk kurangi teriknya cahaya matahari yang dapat mengakibatkan kematian pada kepiting.
  • Persubur plankton dan buang air di bagian permukaan tambak untuk menolong kurangi panas matahari.
  • Kepiting bakau bisa dipanen sesudah dipiara sepanjang 1-1,lima bulan.