Junkfood yang Dapat Memicu Kanker
Junkfood yang Dapat Memicu Kanker

Junkfood yang Dapat Memicu Kanker

Istilah junkfood sudah cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Khususnya kaum muda. Berikut adalah contoh makanan junkfood.

Beberapa tahun belakangan, istilah junkfood sudah cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Khususnya kaum muda. Karena memang kaum muda merupakan golongan yang terbilang sangat suka dengan makanan-makanan ini. Sayangnya, banyak yang berpikir, bahwa makanan yang tergolong junkfood itu hanya burger dengan pizza, plus makanan yang cepat saji lainnya. Padahal, masih banyak contoh lain yang sangat sering menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Maka, ketika mendengar kata ini, kamu tidak boleh sampai terkecoh. Karena jika mengacu pengertian dari WHO, maka junkfood ataupun makanan sampah bukan hanya mengenai makanan yang fast food atau cepat saji, tapi juga makanan yang ‘tidak sehat’ yang lainnya. Yang terdapat banyak kandungan lemak dan juga zat-zat yang berbahaya bagi tubuh jika kamu konsumsi berlebihan.

Contoh makanan sampah

Mengapa junkfood dikatakan sebagai makanan sampah? Maka sederhananya, pemaknaan ini menjadikan semua orang sadar, bahwa yang masuk ke dalam tubuhnya adalah ‘makanan’ yang akan membawa pengaruh buruk bagi tubuhnya. Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah contoh makanan sampah yang harus kamu tahu.

Baca Juga :  Penyebab Aiden Antares Meninggal, Fans Berduka

Gorengan

Siapa yang tidak suka makanan satu ini? Pasti suka semua ya. Karena memang, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mencintai gorengan. Bahkan ada yang tidak bisa makan tanpa gorengan. Kabar buruknya, makanan satu ini termasuk salah satu makanan yang harus kamu hindari. Karena ada banyak kandungan jahatnya. Salah satunya adalah lemak jahat. Yang ketika kamu konsumsi terus menerus secara berlebihan, maka dapat memicu kanker. Maka, meskipun rasanya lezat dan harganya murah, kamu meski bisa menahan diri untuk tidak mengkonsumsinya terus menerus ya.

Asinan

Contoh makanan junkfood berikutnya adalah asinan. Kenapa asinan juga bisa menjadi makanan sampah? Bukankah isinya adalah buah dan sayur? Mungkin ada yang heran ya. Hal ini karena ketika proses pembuatannya, asinan itu membutuhkan garam yang cukup signifikan untuk mendapatkan rasa asinnya. Tentu, garam yang ada pada asinan dalam proses pembuatannya ‘tidaklah sedikit’. Bahkan terkesan berlebihan. Yang ketika kamu konsumsi, pasti akan membuat ginjal kamu terbebani. Sehingga ia akan kesulitan dalam menjalankan tugasnya, dan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit. Bahkan, ketika mengkonsumsi makanan ini, kamu akan rawan terkena hipertensi. Apalagi kebanyakan, asinan pasti ber amonium nitrit yang dapat menyebabkan meningkatnya bahaya penyakit kanker pada tenggorokan dan hidung. Kadar garam yang sangat tinggi tersebut juga bisa merusak selaput lendir pada usus dan lambung kamu.

Baca Juga :  4 Fakta Menarik Artis China Zhou Ye

Makanan kaleng

Contoh junkfood berikutnya adalah makanan kaleng. Makanan satu ini kerap dikonsumsi oleh banyak orang. Baik yang produknya buah, sayur, atau bahkan daging. Ketika akan mengkonsumsi dan membeli makanan kaleng ada baiknya kamu berpikir 100 kali. Karena kandungan vitamin dan juga gizi yang ada di dalamnya sudah rusak tatkala proses pengalengannya. Bahkan, sifat proteinnya berubah, sampai-sampai menjadi lambat ketika akan diserap oleh tubuh. Kalau masalah gizi juga bermasalah. Ditambah lagi dengan banyaknya bahan pengawet yang ditambahkan. Maka, sudah sangat jelas, bahwa makanan satu ini tidak layak kamu konsumsi.

Selain beberapa contoh di atas, masih ada beberapa contoh makanan junkfood lainnya. Seperti frozen food dan jeroan. Jadi, cobalah untuk mengurangi, atau benar-benar berhenti mengkonsumsi makanan-makanan sampah tersebut. Mulailah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi. Dan hindari makanan-makanan kaleng dan fast food lainnya ya. Sekian, semoga bermanfaat.

Originally posted 2021-08-16 05:27:00.