Dampak Negatif Media Sosial, Kamu Wajib Tahu
Dampak Negatif Media Sosial, Kamu Wajib Tahu

Dampak Negatif Media Sosial, Kamu Wajib Tahu

Media sosial memberikan banyak dampak bagi manusia. Misal, dampak negatif. Berikut adalah beberapa contoh dampak negatif media sosial nya.

Saat ini, media social menjadi trend tersendiri bagi segala kalangan. Baik itu orang tua, dewasa, remaja, atau bahkan anak-anak. Keberadaan media social terbilang cukup menguntungkan banyak orang. Karena dengan keberadaannya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan mudah. Misal, mendapatkan banyak informasi dengan mudah, berkomunikasi dengan orang yang jauh tanpa batas, hingga melakukan promosi. Tentu itu hanyalah sebagian kecil dari manfaat medsos. Sayangnya, kita juga tidak memungkiri, bahwasanya dampak medsos bukan hanya berputar pada manfaat-manfaat positifnya. Melainkan banyak juga dampak negatif media sosial ini.

Dampak negatif media Sosial

Media social adalah alat yang dapat kamu gunakan untuk bertemu dengan orang-orang baru dengan cakupan yang sangat luas. Ya, karena ia membutuhkan jaringan internet. Sebagai makhluk sosial, tentu kita menyambut baik keberadaan medsos ini. Ia kan? Karena dengannya, kita dapat menghubungi saudara atau teman yang tinggal di tempat sangat jauh dari kita. Meskipun demikian, kamu harus tahu loh dampak negatif media sosial ini. Agar kamu dapat melakukan pencegahan dini. Selain itu, kamu juga meski memberitahukannya kepada orang-orang di sekitar.

Baca Juga :  Irzan Faiq Pemeran Aiden Antares

Kurang Empati

Dampak pertama adalah kurangnya rasa empati. Ya, kita tidak bisa memungkiri, bahwasanya medsos telah mengikis rasa empati banyak orang. Empati yang dimaksud adalah empati atau rasa peduli terhadap lingkungan sosial yang nyata. Kurangnya rasa empati ini dapat kita saksikan sendiri di berbagai momen. Bahkan ketika berduka, banyak yang malah sibuk mengabadikan momen ketimbang memberikan motivasi. Hal ini juga telah memicu para creator menciptakan meme-meme yang menyinggung hal ini. Jikapun rasa empati itu masih ada, maka empati tersebut berputar pada ‘lingkaran media sosial’ nya, bukan dunia nyata. Miris sekali.

Merasa kurang terus menerus

Dampak yang kedua adalah merasa kurang terus menerus. Kenapa demikian? Karena kamu menyaksikan hidup orang lain yang tampak lebih indah yang bertebaran pada beranda media social. Padahal sebenarnya, hidup yang kamu miliki bisa saja lebih baik daripada unggahan-unggahan tersebut. Unggahan-unggahan yang terdapat pada beranda kamu telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pribadi dan mental kamu. Dan unggahan-unggahan tersebut juga yang membuat kamu tidak pernah merasa puas atas pencapaian besar yang telah kamu raih.

Baca Juga :  PLTA di Indonesia Yang Paling Besar

Membuat seseorang lebih mudah ‘iri dengki’

Dampak media social berikutnya adalah membuat kamu lebih mudah iri dan dengki. Dampak satu ini masih ada kaitannya dengan dampak yang kedua. Di mana, usai melihat postingan-postingan mewah akan timbul rasa iri di dalam hati kamu. Lantas membuat kamu ingin seperti si A, si B, dan seterusnya.

Takut ketinggalan berita-berita populer

Dampak yang paling terlihat adalah ketika kamu sudah merasa takut ketinggalan berita-berita viral atau populer setiap harinya. Jika kamu sudah merasakan hal ini sekarang, itu artinya kamu sudah kecanduan. Dan dampak media social telah mempengaruhi diri kamu. Rasa takut akan ketinggalan berita-berita populer ini bisa saja karena lingkungan kamu yang sukanya membahas seputar berita populer tadi. Padahal sebenarnya, tidak ada kewajiban untuk mengikuti berita-berita populer dan viral setiap harinya. Ia kan?

Demikian beberapa dampak media sosial yang harus kamu perhatikan. Yuk gunakan media sosial dengan bijak mulai dari sekarang. Ingat, kitalah yang harus mengatur medsos, bukan medsos yang akan mengatur kita. Tetap memiliki batasan waktu bermedsos, dan gunakan dengan bijak. Semoga bermanfaat.