Cara Daftar BPJS
Gambar : cnnindonesia.com

Cek Yuk, Cara Daftar BPJS Kesehatan Bagi Pemula

Cara Daftar BPJS Kesehatan – Berbicara tentang kesehatan pasti merupakan suatu hal yang tidak bisa di remehkan dan cukup penting sekali bagi setiap orang. Sebab kesehatan adalah aset berharga dalam hidup ini. Jika anda sakit pasti perlu biaya yang tak sedikit, untuk itu penting sekali menjaga kesehatan tubuh.

Di Indonesia masih kalah jauh dengan negara berkembang lainnya mengenai standar kesehatan. Meski demikian pemerintah terus melakukan perbaikan sistem dan fasilitas kesehatan. Selain ada asuransi kesehatan yang perlu biaya premi tiap bulan. Anda bisa menggunakan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari pihak BPJS Kesehatan.

BPJS sendiri merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, pertama kali berdiri tanggal 1 Januari 2014. BPJS hadir sebagai pengganti Askes (Asuransi Kesehatan). Kemudian BPJS Kesehatan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan yang di bangun oleh pemerintah ini menyediakan layanan jaminan sosial bagi seluruh masyarakat Tanah Air.

Adapun program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan ini mengakomodasi kebutuhan penduduk Indonesia, akan jaminan sosial terkait ketenagakerjaan dan kesehatan. Untuk BPJS Kesehatan sendiri masih banyak orang belum tau cara daftar, padahal mudah sekali.

Jadi prosesnya mirip dengan asuransi, adapun cara mendaftar BPJS Kesehatan ada 2 pilihan yaitu secara online dan offline. Berikut tutorialnya untuk menjadi bagian dari peserta BPJS Kesehatan.

Baca Juga :  Inilah Cara Daftar BANSOS Terbaru

Prosedur Daftar BPJS Kesehatan Bagi Perorangan Mandiri, Polisi, PNS, Karyawan, TNI dan Umum

Untuk melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan baik secara online atau offline, ada beberapa dokumen pendukung yang perlu anda siapkan dahulu. Termasuk pula prosedur menjadi peserta BPJS Kesehatan di antaranya sebagai berikut :

  1. Penerima Bantuan Iuran (PBI).
  2. Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).
  3. Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).
  4. Pendaftar Bukan Pekerja Lewat Entitas Badan Hukum (Pensiunan BUMD/BUMN).

Cara Daftar BPJS Secara Langsung (Offline)

Adapun alur pendaftaran BPJS Kesehatan. Pastikan anda membawa persyaratan umum yaitu fotokopi KTP, KK, foto ukuran 3×4 1 lembar dan iuran pada bulan pertama sesuai kelas yang di ambil, berikut besaran biayanya :

  • Ruang perawatan kelas I sebesar Rp 80.000,- /orang perbulan.
  • Sebesar Rp 51.000,-/orang perbulan untuk ruang perawatan kelas II.
  • Adapun untuk ruang perawatan kelas III biaya perbulan perorang hanya Rp 25.000,-.

Silahkan anda datangi kantor BPJS Kesehatan, agar lebih mudah coba koordinasi dengan ketua RT setempat. Setelah sampai di kantor BPJS, anda akan di mintai untuk mengisi formulir pendaftaran.

Baca Juga :  Download TikTok Tanpa WM

Pastikan anda mengisi dengan teliti, jangan sampai salah atau berbeda penulisan dari dokumen asli. Sebab kesalahan dalam pengisian bisa berakibat ada masalah di kemudian hari.

Saat formulir selesai anda isi dengan benar dan lengkap, lalu setorkan kepada petugas BPJS. Nanti anda akan di berikan virtual account untuk metode pembayaran bisa lewat Indomaret, Alfamart, transfer bank. Dan bisa di klaim ketika sedang di butuhkan.

Jika anda sudah melakukan pembayaran, silahkan datang kembali ke kantor BPJS Kesehatan guna menyerahkan tanda bukti pembayaran. Tunggu sampai pihak petugas mencetak kartu BPJS Kesehatan yang telah anda ajukan sebelumnya.

Alur Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online

Pada tahap ini bisa anda lakukan ketika tidak ada waktu luang untuk mendaftar secara langsung di kantor BPJS Kesehatan. Berikut alur cara mendaftar BPJS Kesehatan via online :

  1. Siapkan berkas yang di butuhkan, untuk mengkonfirmasi pendaftaran peserta BPJS. Meliputi KK, KTP, nomor HP aktif, alamat email, dan kartu NPWP (jika ada).
  2. Buka browser di HP atau laptop yang terkoneksi internet, kunjungi website BPJS Kesehatan.
  3. Pada laman itu silahkan anda unduh formulir daftar isian peserta, simak baik-baik formulir yang anda butuhkan sesuai kriteria.
  4. Isi formulir secara benar dan lengkap.
  5. Lalu, pilih biaya iuran perbulan sesuai kelas ruang perawatan yang di inginkan.
  6. Simpan data, tunggu email konfirmasi nomor registrasi. Lalu print lembar virtual account.
  7. Silahkan anda melakukan pembayaran di bank yang di tunjuk seperti BRI, BNI, Bank Mandiri.
  8. Serahkan nominal uang sesuai lembar virtual account dan nomor VA kepada teller bank. Setelah selesai anda akan di beri bukti pembayaran lunas.
  9. Secara otomatis BPJS Kesehatan anda kini sudah aktif. Coba anda cek email karena biasanya ada balasan dari BPJS Kesehatan berupa E-ID Card BPJS yang bisa anda print.
  10. Jika anda ingin berupa bentuk kartu fisik BPJS, silahkan datang ke kantor BPJS Kesehatan. Dan serahkan bukti pembayaran serta soft copy E-ID BPJS.
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah Dengan Mudah

Demikian penjelasan terkait cara daftar BPJS Kesehatan bagi pemula baik secara online maupun offline.