Begini Cara Praktis Daftar KIP Online 2021
Begini Cara Praktis Daftar KIP Online 2021

Daftar KIP Online 2021, Cara dan ketentuannya

Anda ingin mendaftar sebagai peserta KIP, tapi bingung cara daftar KIP secara online. Jangan khawatir kali ini kami akan berikan tutorial singkat bagaimana cara Begini Cara Praktis Daftar KIP Online 2021?

Perlu anda ketahui KIP adalah kepanjangan dari Kartu Indonesia Pintar. KIP ini di keluarkan oleh pemerintah guna mencegah peserta didik putus sekolah. Dan dapat membantu melanjutkan pendidikan bagi yang siswa yang telah putus sekolah.

Begini Cara Praktis Daftar KIP Online 2021(1)
Gambar : Kompas.com

Apabila anda ingin mendapatkan bantuan biaya dari Program Indonesia Pintar (PIP), untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Silahkan lakukan pendaftaran KIP secara mandiri via online di website sistem KIP kuliah dengan syarat daftar akun KIP siswa lulusan tahun 2019, 2020, 2021. Dan belum sama sekali terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

Langkah Cara Praktis Daftar KIP Online 2021

Pada tahap ini pastikan anda simak dengan teliti alur pendaftaran KIP online mulai dari awal hingga akhir. Adapun alur atau langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Silahkan anda buka browser di HP atau desktop yang sudah terkoneksi dengan internet dan jaringannya stabil.
  2. Lalu kunjungi link website resmi di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  3. Pada laman ini anda akan di suguhkan informasi terkait KIP-kuliah. Cari tulisan daftar/masuk nanti anda klik.
  4. Di sini jika anda sudah punya akses login Kartu Indonesia Pintar Kuliah silahkan login saja. Namun jika belum punya, klik tulisan daftar baru.
  5. Selanjutnya anda akan di bawa ke formulir pendaftaran baru. Isikan sesuai dengan perintah, mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) lalu email aktif anda.
  6. Setelah selesai mengisi, tab proses selanjutnya.
  7. Adapun sistem KIP Kuliah ini nanti akan memvalidasi terlebih dahulu tentang NIK, NISN, dan NPSN. Tujuannya agar progam PIP bisa tepat sasaran, layak tidaknya mendapatkan kartu KIP Kuliah. Fungsi NIK ini akan mencari informasi terkait sosial ekonomi yang berada di DTKS (Data Terpadu Kesenjangan Sosial) dari Kemensos.
  8. Jika proses validasi berhasil, anda akan di kirimi balasan kode akses di email terdaftar tadi. Mulai dari nomor pendaftaran hingga kode akses. Nantinya anda tinggal pilih jalur seleksi yang ingin di ikuti bisa SBMPTN/SNMPTN/UMPN/Mandiri untuk tahap akhir pendaftaran KIP Kuliah.
  9. Saat anda sudah selesai di sistem KIP, serta menyeselesaikan proses pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi lewat jalur seleksi yang di inginkan.
  10. Pastikan anda sudah melakukan daftar di tahap seleksi nasional SNMPN dan SNMPTN. Nantinya sistem akan tersinkron otomatis melalui skema host-to-host.
  11. Terakhir, untuk cara daftar KIP Online. Silahkan verifikasi data lebih lanjut tentang perguruan tinggi, apabila telah di nyatakan di terima. Hal ini bermaksud sebelum ajukan sebagai salah satu penerima KIP Kuliah bagi calon mahasiswa.
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Bantuan UMKM 2021

Itulah di atas alur cara daftar bagi yang ingin mendapatkan KIP secara online. Ketika anda sudah dapat KIP Kuliah, berikut manfaat yang akan anda peroleh.

Manfaat Sebagai Penerima KIP Kuliah

  • Pembebasan biaya kuliah ataupun pendidikan yang akan di bayar langsung ke perguruan tinggi.
  • Pembebasan biaya mendaftar saat seleksi masuk perguruan tinggi dengan sistem UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Dan beberapa cara seleksi lain sesuai ketentuan pihak panitia perguruan tinggi untuk siswa yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di Kemensos (Kementerian Sosial).

Akan menerima bantuan hidup mulai ajaran tahun akademik 2021/2022. Namun biaya hidup di tetapkan oleh Puslapdik yang mana di hitung dari besaran indeks harga lokal di wilayah perguruan tinggi tersebut.