Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar
Gambar: netbooknews.com

Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar

Bagi kamu yang suka mendapati tombol start bermasalah, tentu bingung ketika akan mematikannya. Berikut cara mematikan laptop lain yang baik.

Mematikan laptop atau perangkat komputer menjadi sebuah aktivitas yang mudah kamu lakukan. Hanya saja, masih banyak yang suka salah dalam mematikan komputer. Padahal sebenarnya, ada cara mematikan laptop yang baik dan benar yang meski diketahui oleh seluruh pengguna laptop. Hal ini penting untuk kamu perhatikan. Karena dengan proses mematikan laptop yang baik dan benar bisa membuat perangkat laptop kamu bertahan lebih lama, dan dapat mencegah adanya kerusakan pada system. Cara yang paling umum kamu lakukan adalah dengan menggunakan tombol start, lalu memilih tombol power, dan mengklik menu shut down. Ia kan? Tapi, bayangkan, bagaimana apabila suatu hari nanti tombol start pada laptop kamu tidak bereaksi karena adanya gangguan? Tentu akan repot banget ya.

Cara mematikan laptop

Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar

Berikut adalah beberapa cara mematikan laptop yang baik dan benar.

Baca Juga :  Apa itu GPU ? Berikut Penjelasannya

Menggunakan Command Prompt

Pertama adalah dengan menggunakan command prompt. Cara satu ini terbilang unik jika kamu bandingkan dengan yang lain. Command Prompt ataupun CMD ini bisa menerima dan juga menjalankan perintah yang kamu berikan lewat tulisan. Langkahnya juga cukup mudah. Pertama, kamu bisa membuka dan mencari CMD nya. Caranya adalah dengan mengetik tulisan CMD tepat pada bagian start. Jika sudah kamu ketik, langsung enter saja. Atau, agar lebih gampang, kamu bisa mengkombinasikan windows+R saja pada keyboard. Nantinya akan muncul kolom, dan kamu bisa langsung mengetik tulisan CMD. Lalu oke.

Agar CMD ini bisa mematikan laptop kamu, maka kamu bisa mengetik tulisan shutdown-s di kotak yang ada. Kemudian enter. Tunggu datang pemberitahuan bahwa windowsnya akan mematikan laptop kamu dalam waktu tidak sampai satu menit. Lalu, close. Selesai. Dan uniknya, dengan menggunakan cara mematikan laptop satu ini, kamu bisa mengatur proses mematikan laptopnya dengan menghitung mundur.

Membuat Shortcut khusus

Bagi kamu yang memang suka mengotak-atik komputer, tentu cara yang satu ini sangat cocok dan worth it buat kamu. Cara membuat shortcut khususnya juga sangat mudah. Kamu bisa mengklik kanan pada mouse kamu, kemudian masukkan saja ‘shutdown.exe-s-t oo’ pada kolom yang ada. Lalu pilih next hingga prosedurnya selesai. Sudah.

Baca Juga :  4 Harga HP Nokia Terbaru 2021 dan Spesifikasinya

Menggunakan Kombinasi 3 Tombol

Cara mematikan laptop yang berikutnya adalah dengan mengkombinasikan 3 tombol. Jika kamu ingin mematikan laptop dengan menggunakan keyboard, maka ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Yakni dengan menekan tombol alt+F4 ketika ada pada desktop. Tapi pastikan dahulu, bahwa kamu tidak menekan kombinasi ini tatkala masih ada aplikasi yang terbuka. Karena jika masih ada aplikasi atau jendela yang terbuka, maka kombinasi keyboard ini akan menutup aplikasi yang sedang kamu buka. Jika sudah, kamu bisa menekan tombol U, ataupun menekan tulisan Ok. Maka prosesnya akan berlangsung.

Yang kedua, kamu bisa mengkombinasikan tombol windows+U+U. Dengan waktu yang sangat singkat, laptop kamu akan mati. Dan jangan lupa menutup seluruh aplikasi yang terbuka. Hal ini agar prosesnya tidak terhambat.

Jadi, beberapa cara di atas adalah cara terbaik yang bisa kamu coba. Selain agar laptop kamu tahan lebih lama, cara ini juga bisa menjadi solusi bagi laptop yang suka error bagian tombol start nya suka bermasalah. Jangan sampai, hanya karena tombol start bermasalah kamu malah membiarkan perangkat kamu tetap hidup. Tentu hal ini bukanlah cara yang tepat ya. Demikian seputar cara mematikan laptop yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.