Cara Screenshot di laptop yang Mudah dan Simple

Cara Screenshot di laptop yang Mudah dan Simple

Bagi kamu yang bingung cara screenshot di laptop, maka kamu bisa banget cari tahu jawabannya di artikel ini. Yuk simak penjelasannya berikut.

Mungkin, ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara screenshot di laptop. Karena memang, melakukan proses screenshot pada laptop tidak semudah saat melakukan screenshot pada ponsel yang hanya perlu mengusap layar atau mengkombinasikan tombol power dengan volume. Jika Pun ada yang bisa melakukan proses ini, mungkin hanya dengan mengandalkan tombol print screen pada keyboard. Padahal sebenarnya, masih terdapat cara lain yang terbukti lebih mudah.

Bagi yang belum tahu caranya tentu akan berpikir ‘pasti sulit, atau pasti memakan waktu’ padahal sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Bahkan, kamu bisa melakukan screenshot hanya dengan menggunakan keyboard saja, tanpa perlu melakukan penginstalan aplikasi tertentu.

Cara Screenshot di Laptop

Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut adalah cara screenshot yang bisa kamu coba.

Cara Screenshot di laptop

Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol alt+print screen. Cara satu ini akan membantu kamu melakukan penangkapan layar dengan mudah. Hanya saja, hasil tangkapan layarnya terbatas pada layar yang tengah aktif saja. Jika memang kebetulan kamu akan menangkap layar jendela yang aktif, maka kamu bisa menggunakan cara jitu satu ini. Caranya bagaimana? Gampang. Pertama buka aplikasi Microsoft word pada laptop kamu. Kemudian kecilkan ukurannya. Lalu, kombinasikan tombol alt+print screennya agar komputer melakukan penyimpanan gambar pada clipboard kamu. Jika sudah, kamu bisa membuka aplikasi paint lalu paste. Atau tekan ctrl+V. Maka kamu akan mendapati hasil screenshotan layar tersebut.

Baca Juga :  4 Karakter Genshin Impact Terbaik Yang Bisa Kamu Gunakan
Cara Screenshot di laptop
Cara Screenshot di laptop

Menggunakan Tombol Print Screen

Cara  yang berikutnya adalah dengan menggunakan tombol print screen. Caranya tidak kalah mudah dengan cara yang pertama. Pertama, kamu bisa membuka halaman apapun yang ingin kamu screenshot. Kemudian, tekan tombol print screennya yang ada pada bagian kanan atas keyboard kamu. Selesai. Hasil dari screenshot-an kamu akan langsung terekam pada clipboard, sehingga kamu hanya perlu mem-pastenya saja. Cara mempastenya juga tidak berbeda jauh dengan cara pertama. Kamu bisa mengklik ctrl+V saja, maka kamu sudah berhasil mendapatkan tangkapan layar. Agar hasil tersebut bisa tersimpan, cukup klik file, lalu save as saja.

Cara Screenshot di laptop
Cara Screenshot di laptop

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara  yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol windows+shift+s. Cara satu ini mempunyai nama lain snip sketch, yakni aplikasi yang memang telah ada pada windows. Caranya melakukan screenshot dengan cara ini mudah. Pertama, silahkan buka bagian yang akan kamu screenshot. Kemudian, kombinasikan ketika tombol ini. Dalam hal ini ada tombol; windows+shift+s ya. Hal ini agar aplikasi bawaan laptopnya terbuka. Maka, layar pada laptop kamu akan berubah. Warnanya itu agak abu-abu, lalu kursornya juga akan berubah menjadi bentuk plus. Dan sekarang, kamu bisa langsung menyeleksi saja bagian mana yang ingin kamu screenshot. Menariknya, hasil seleksi kamu akan secara otomatis terekam. Dan aka nada notifikasi yang bisa kamu pilih. Lalu, kamu dapat menyunting hasil screenshot-an tersebut. gampang kan? Kalau sudah, jangan lupa untuk menyimpannya dengan mengklik ikon save yang terletak pada bagian atas.

Baca Juga :  Kode Bank BTPN Untuk Transfer Antar Bank

Beberapa cara screenshot di laptop di atas bisa kamu pilih manapun cara yang kamu anggap paling mudah. Dan sebenarnya, masih ada beberapa cara lainnya yang juga bisa kamu gunakan. Namun, menurut kami, cara-cara di atas adalah cara yang sangat worth it untuk kamu pilih. Semoga bermanfaat.