Cara mempercepat koneksi WIFI yang Mudah Banget
Cara mempercepat koneksi WIFI yang Mudah Banget

Cara mempercepat koneksi WIFI yang Mudah Banget

Jaringan wifi kamu lemot? Bingung bagaimana cara mengatasinya? tenang, kamu bisa menyimak cara mempercepat koneksi wifi berikut.

Saat ini, WIFI atau wireless fidelity sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Hal ini agar tetap bisa produktif menghasilkan karya. Terutama bagi para pekerja freelance. Apalagi dengan situasi dan kondisi yang masih pandemic. Di mana, nyaris seluruh kegiatan manusia harus berjalan hanya dari rumah saja. Selain bisa digunakan oleh para pekerja freelance yang mengandalkan koneksi internet saat bekerja, keberadaan wifi juga sangat bermanfaat bagi kamu pelajar. Karena bisa mengakses berbagai macam pengetahuan dengan mudah. Sayangnya, koneksi wifi tidak selamanya berjalan lancar. Dan hal ini sudah pasti akan sangat membuat kamu kesal. Apalagi dengan lambatnya koneksi wifi sudah pasti akan membuat pekerjaan kamu terhambat. Maka, simak cara mempercepat koneksi wifi berikut ini.

Cara mempercepat koneksi WIFI
Gambar : qwords.com

Cara mempercepat koneksi wifi

Berikut adalah cara mengatasi permasalahan tersebut yang bisa kamu coba.

Memilih tempat yang sinyalnya bagus

Cara mempercepat koneksi wifi yang pertama adalah dengan memilih tempat yang sinyalnya bagus. Dan ini menjadi awal yang benar-benar harus kamu perhatikan sebelum memasang wifi. Pastikan bahwa lokasi peletakan wifinya mempunyai jaringan yang bagus, kuat, dan optimal. Hal ini agar semua aktivitas online kamu tidak mengalami kendala sama sekali. Adapun pertimbangan yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah, hindari atau jauhkan wifi di tempat yang terhalang dengan besi ataupun tembok. Kemudian, kamu juga dapat menggunakan repeater, yang merupakan sebuah alat yang berguna untuk menangkap sinyal lalu memancarkannya. Alat satu ini akan sangat membantu kamu yang kebetulan tinggal di daerah-daerah dengan sinyal yang minim. Dan jangan lupa juga untuk menjauhkan wifi dengan perlengkapan tertentu, seperti microwave. Karena ada beberapa perangkat yang dapat memperburuk sinyal. Salah satunya ya microwave tadi.

Baca Juga :  4 Aplikasi Penghasil Uang Langsung Ke Dana yang Mudah

Network Reset & Flushing DNS

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merest cache DNS menggunakan Flush DNS. Caranya gampang banget. Pertama, buka bagian command prompt dengan mengklik kanan, dan pilih saja tulisan run as administrator. Lalu ketik ipconfig atau flushdns, dan enter. Jika sudah selesai, ketik lagi ipconfig atau renew, enter. Tutup jendela comandnya. Dan sekarang internet kamu sudah bisa berjalan lancar.

Mengubah pengaturan QoS

Cara mempercepat koneksi wifi yang selanjutnya adalah dengan mengubah pengaturan QoS nya. Jika kamu menggunakan komputer ataupun laptop yang mengandalkan sistem operasi berupa windows 8 ke atas, maka windows tadi akan otomatis mengalokasikan 20% bandwidth bagi kebutuhan update windows kamu. sementara 80% sisanya untuk akses internet. Maka, agar wifinya bisa cepat dan bekerja maksimal, ada baiknya jika kamu mengatur ulang. Caranya mudah. Pertama, klik bagian start, lalu run, dan ketik tulisan gpedit.msc. kamu bisa menuju local computer policy, pilih computer configuration, dan administrative templates. Selanjutnya, klik tulisan network, lalu pilih QoS packet scheduler. Lalu double klik pada tulisan limit reservable bandwidth, dan klik menu enable. Pada tulisan bandwidth limit, kamu bisa mengetikkan angka 0, dan klik apli. Lalu terakhir restart computer kamu. selesai deh.

Baca Juga :  Cara Melihat Akun Instagram Yang Diprivate

Jadi, itulah dia beberapa cara mempercepat koneksi Wifi yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih salah satu caranya saja. Namun jika cara yang satu gagal, kamu bisa mencoba cara lainnya hingga berhasil. Dan sebenarnya, masih ada beberapa cara lain lagi yang bisa kamu coba. Namun cara-cara di atas sudah cukup worth it kok untuk kamu coba. Semoga bermanfaat.