VW Combi, Mobil Dengan Rentang Produksi Terpanjang di Dunia
pinterest

Combi, Mobil VW Dengan Sejarah Terpanjang

VW combi salah satu mobil komersial yang memiliki rentang produksi paling lama di dunia yaitu sekitar 70 tahun lamanya hingga sekarang.

VW Combi 1950

vw combi

Diawali pada Maret 1950 dan lalu dibuat sampai saat ini walaupun bentuknya berubah.

Alat transportasi Komersial Volkswagen memperingati rekor luar biasa. Inilah alat transportasi komersial dengan periode waktu produksi terpanjang di dunia ialah selama 70 tahun.

Tidak ada alat transportasi komersial yang terus dibuat sepanjang itu. Umumnya, terdapat satu era di mana pabrikan menghentikan sebuah versi dan menggantinya dengan yang lain.

Tetapi, tidak dengan Volkswagen Transporter ini. Walaupun telah tampil dengan nama dan bentuk yang berbeda, tetapi garis keturunannya tetap sama.

Dimulai pada 8 Maret 1950 saat Volkswagen mengeluarkan alat transportasi berbentuk roti tawar yang diberi kode Tipe 2.

Inilah Volkswagen Transporter pertama. Diketahui juga dengan julukan Bulli, combi, VW- bus, dan apa pun itu yang mungkin masih ada lagi sebutannya.

Sampai saat ini, telah lebih dari 13 juta unit Volkswagen tipe ini yang dibuat oleh pabrikan asal Jerman itu. Mencakup 6 generasi sampai saat ini.

Baca Juga :  Spesifikasi Subaru WRX STI Jadi Mobil Sedan Sport

Apalagi, semenjak awal, Volkswagen T1 sudah epik. Kala itu, Eropa tengah menginginkan mobil yang besar tetapi efisien.

Arti VW yang sebetulnya merupakan alat transportasi komersial kedap dengan penggunaan ruang maksimal.

Mesin boxer yang teletak pada bagian belakang, dan tempat sopir yang berada di depan yang memiliki banyak ruang Inilah karakter Volkswagen T1.

Volkswagen combi 1949

Pada 11 November 1949, Volkswagen mendemonstrasikan prototipe transporter produksi tangan pada media. Tetapi, julukan untuk alat transportasi ini belum ada.

Beberapa bulan sebelumnya, ataupun di awal 1949, Volkswagen sebenarnya sudah mencantumkan julukan Bully ke kantor hak paten.

Sayang, nama itu sudah ada yang memiliki. Tetapi, di dalam Volkswagen, mobil ini sudah disebut VW Bully. Cepat- cepat mereka menuliskannya dengan Bulli.

Julukan tidak sah dari mobil ini juga diterima walaupun bukan yang sesungguhnya dari pabrikan. Kemudian pada 2007, hak paten atas julukan Bulli diterima Volkswagen.

Walaupun begitu, masing- masing penggemar dari bermacam negeri memberi julukan masing- masing untuk mobil ini. Di Indonesia diketahui dengan julukan VW combi.

Baca Juga :  6 Spesifikasi Hyundai Staria 2021 Wajib Kamu Tahu

Tetapi, produksi seri VW Transporter generasi pertama ini baru diawali pada Maret 1950. Mesin dan transmisinya berasal dari VW Beetle.

Bodi termasuk perakitan lantai yang diperkuat sudah dibentuk kembali. Bagasi maksimalnya 750 kg.

Mobil itu awal mulanya dikemas melalui pintu sayap ataupun pintu geser opsional setelah itu di sisi penumpang.

Volkswagen T1 pertama kali lepas landas sebagai van boks tertutup, station wagon berangkap kaca, dan bis 8 tempat duduk.

VW Combi 1951 Legendaris

Versi 1951 yang sangat legendaris dan saat ini paling mahal dari seluruh VW Bulli. Dengan cara tidak sah diketahui sebagai Bis Samba. Serba kaca, jendela asbes yang khas, dan sunroof lipat.

Satu tahun setelah itu, bentuk pikap ataupun yang sejenisnya sudah masuk pasar semenjak masa 1950- an. Atas dasar cakupan ini, bermacam bodi spesial dengan cepat dibuat.

Westfalia membuat paket untuk berkemah. Sebuah materi yang mengganti van itu jadi motorhome pertama.

Pada 1956, produksi dipindahkan ke pabrik baru di Hanover maka permintaan yang terus bertambah bisa dipenuhi.

Baca Juga :  6 Keunggulan Hyundai Staria yang Paling Dicari

VW Combi 1957 Asal Brasil

Volkswagen T1 juga dibuat di Brasil pada 1957. Pada saat penggantinya masuk ke pasar pada 1967, nyaris 1, 9 juta unit terjual.

Van buatan Brasil ini memiliki karakteristik khas kaca depan yang dapat dibuka dan hidung yang khas itu berhasil dengan cara global.

Volkswagen T1 dibentuk di Brasil sampai 1975, setelah itu dimodifikasi dengan bagian depan seperti T2 dan lampu belakang besar dari edisi 1972.

Alhasil, bentuk ini disebut T1. 5 dan dibuat sampai 1996. Volkswagen T1 Brasil tidak sama dengan bentuk Jerman terakhir.

Sebaliknya bentuk T1. 5 terbuat secara lokal di Brasil memakai alat press di masa 1950- an dan 1960- an.

Pada setiap generasi selanjutnya, mulai dari T2 sampai T6. 1 saat ini, rancangan mobil ini terus dikembangkan.