nasi uduk palagan
nasi uduk palagan

Nasi Uduk Palagan Yogyakarta

Nasi uduk palagan

Warung ini terletak di sekitaran perempatan Jalan Palagan-Jalan Monjali. Di tempat ini sekarang menjadi salah satu ikon kulineran warga Yogya. Di jalan-jalan berbaris warung makan yang rasanya lumayan bisa dipastikan untuk memanjakan lidah, Salah satunya adalah Nasi Uduk Palagan. Makan di tempat ini membuat lidah menjadi ketagihan. Tidak yakin?

nasi uduk palagan yogyakarta

Setiap hari banyak mobil dan motor terparkir di parkiran warung ini. Terlebih mendekati saat makan siang, serta pada waktu makan malam. Tempat parkiran di sini dijamin penuh.

Nasi Uduk Palagan adalah warung makan nasi uduk favorite di Yogyakarta. Setiap hari orang-orang sering datang ke tempat ini. Baik warga Yogya, ataupun yang datang dari luar kota. Bahkan juga beberapa petinggi dan orang-orang kaya sering mengunjungi tempat makan yang satu ini. Tentu saja tempat ini menjadi pilihan nasi uduk spesial yang gurih dan enak di Yogyakarta.

nasi uduk palagan yogyakarta

Apa aja menu andalan dari warung makan ini? Sudah pasti nasi uduknya. Aromanya sangat memikat lidah. Selain itu, lauknya nasi uduk Palagan juga beragam. Nasi uduk serta ayam bakar potongnya dikemas memakai daun pisang, lalu dibalut kembali dengan kertas cokelat. Sedang cumi bakarnya dikemas dengan tempat plastik menggunakan daun pisang juga.

Baca Juga :  10 makanan pilihan pendamping Lauknya Nasi Uduk

nasi uduk palagan yogyakarta

Penyajian Nasi Uduk Palagan

Kalo nasi uduk bakar palagan daging, Nasi bakarnya dibungkus  menggunakan pelepah pisang yang jika setelah dibakar menjadi berwarna kecoklatan. Namun untuk nasi goreng uduk ebi penyajiannya  memakai box dan diberi label Nasi Uduk Palagan.

Nasi Uduk Lauk Ayam serta Cumi Bakar, Rasanya Manis Pedes Mengundang selera

Saat menjajal nasi uduk dengan ayam potong bakar serta cumi yang dibakar. Nasi uduknya terasa masih hangat, dan diberi toping bawang goreng di atasnya. Gurih yang berasal dari santan kelapa berasa sekali di mulut. Makanya tempat makan ini jadi nasi uduk favorite di Yogya.

Ayam bakarnya dibakar dengan diolesi  kecap. Bumbu kecapnya menjadikan ayam berasa manis dan gurih. Warna cokelat kehitamannya datang dari caramel kecap manis.

nasi uduk palagan yogyakarta

Daging ayamnya ketika disuir terasa halus. Membuktikan ayamnya dibakar dengan tingkat kematangan yang sesuai. Ayam bakar ini sangat enak dimakan bersama nasi uduk. Tidak lupa dioleskan dengan sambal yang dihidangkan satu paket dengan ayam bakar. Rasa manis menyatu dengan sambal, sangat menggoda.

Baca Juga :  Nasi uduk semur jengkol Bang Udin Rawa Belong

Ayam bakar dan nasi uduk kian nikmat bila dikonsumsi bersama dengan lalapan. Tempat makan ini menyiapkan lalapan dengan daun kemangi, dan potongan buah timun.

Nasi Uduk Cumi Bakar

Ikan Cuminya berukuran jumbo berwarna kuning agak coklat, benar-benar menarik untuk dimakan. Daging cumi bakarnya tebal, dan empuk. Namun, rasanya rada cemplang. Tetapi dapat disiasati dengan mengoleskan sambal ke daging cumi. Ukuran yang jumbo membuat cumi bakar ini dapat dilahap berbarengan.

Nasi Uduk Bakar Palagan Daging

Nasi bakarnya dibalut daun dengan bentuk segitiga mirip dengan warung Nasi uduk bungkus Kebon Kacang di Jakarta. Aroma nasi uduk bakar benar-benar wangi. Saat disajikan, di sisi atas nasi bakar ada daun kemangi serta srundeng kelapa. Wah, ternyata bumbu inilah yang membikin nasi bakar jadi wangi. Nasi uduk bakar palagan daging memiliki paduan daging sapi, bumbu rica, serta srundeng kelapa. Gabungan ke-3 bahan tersebut membuat nasi uduk bakar memiliki beragam rasa. Dimulai dari gurih, pedes, serta manis dari paduan daging sapi. Ehm, menu ini merupakan  favorite nasi uduk di Yogya.

Baca Juga :  Aneka Resep Mie Yang enak dan Mudah

nasi uduk palagan yogyakarta

Nasi Goreng Uduk Ebi, Gurih dan Sedap

Nasi goreng memiliki warna kecokelatan ditempatkan dalam satu piring. Nasinya tidak benyek, bulir nasinya terpisah. Sajian nasi goreng uduk berisi irisan daun bawang, tomat, serta toge. Ebi (anakan udang) terlihat menyebar di sekitar nasi goreng. Ebi membikin rasa nasi goreng uduk ini jadi ciri khas, seperti nasi goreng sea food. Nasi goreng uduk yang gurih, makin sedap dengan kombinasi ebi.

nasi uduk palagan yogyakarta

Oleh karenanya, nasi goreng uduk ebi cocoknya dimakan bersama irisan acar dan krupuk. Rasa asam dari irisan acar serta gurih dari krupuk membuat keasyikan dari setiap gigitan nasi goreng.

Warung makan ini juga menyajikan menu yang lain seperti gado-gado, beragam nasi goreng uduk (iso, babat, ati ampela, daging, petai), serta bermacam menu nasi goreng sederhana (nasi goreng polos, ayam, ikan asin, kerang).