nasi uduk semur jengkol

Nasi uduk semur jengkol Bang Udin Rawa Belong

Nasi uduk semur jengkol Bang Udin Rawa Belong

Siapakah yang tidak tertarik dengan taburan bawang goreng di atas nasi uduk dengan siraman kuah semur dan sambal kacang? Apalagi dengan empal goreng jengkol bumbu semur. Hmm.. Untuk Anda pencinta kulineran, nasi yang direbus dengan santan kelapa ini, tidak boleh terlewat di Warung Nasi Uduk Bang Udin yang berada di bilangan Rawa Belong, Jakarta Barat. Satu yang harus dicoba di situ ialah nasi uduk semur jengkol!

nasi uduk semur jengkol

Dirintis sejak tahun 1986

Bang Udin, angkatan ke-2 pengelola Warung Nasi Uduk Bang Udin di Wilayah Rawa Belong, Palmerah, Jakarta. Usaha warung nasi uduk pertama kalinya digerakkan oleh ayahnya di tahun 1986 yaitu Dasuki. Bang Udin (51) menjelaskan nasi uduk dengan semur jengkol serta empal goreng merupakan favorite konsumen di warungnya. Sehari-hari Udin selalu menjual semur jengkol.

nasi uduk semur jengkol

Menu andalan Semur Jengkol

Yang terlaris itu semur jengkol. rata-rata sehari selalu habis jengkol lima kilo-gram,” kata Udin.Konsumen nasi uduk semur jengkol Bang Udin sendiri tidak cuma dari sekitaran Jakarta. Menurut dia, semur jengkolnya juga pernah dibeli oleh orang luar negeri seperti Singapura dan Australia,  rupanya sajian nasi uduk semur jengkol di Warung Bang Udin sudah ada semenjak tahun 1986.

Dapat dikatakan, resep semur jengkol Bang Udin sudah bertahan sepanjang 30 tahun. “Semur jengkol dari tahun 1986. Dari zaman ibu telah ada. Dahulu jualnya sedikit namun ada terus tidak pernah tidak ada,” tutur Udin dengan logat Betawinya yang kental.Warung Nasi Uduk Bang Udin menyajikan nasi uduk dengan lauk seperti semur jengkol, semur tahu tempe, empal goreng serta telor, dan beragam lauknya nasi uduk.

Baca Juga :  Aneka Olahan Ubi Untuk Jualan

Rahasia memasak semur jengkol ala bang udin

Udin sedikit menjelaskan rahasia teknik mengolah semur jengkol racikannya. Dia lebih dulu merendam jengkol dari jam 06.00 sampai dengan jam16.00 WIB saat sebelum diolah. “Semur jengkol itu bumbu-bumbunya adalah jinten, kemiri, bawang putih, lada, micin, serta kecap,” katanya. Disamping semur jengkol, konsumen dapat pilih semur telur, kentang, tempe, dan tahu; kari tempe, telur, dan tahu; rendang ati ampela dan telur. Ada pilihan lain seperti bakwan udang goreng, ayam goreng, pepes ikan teri, dan perkedel.

nasi uduk semur jengkol

Satu porsi nasi uduk semur jengkol Udin dijual dengan harga Rp 14.000. Jika ingin menambahkan pilihan lain, konsumen akan dikenai tarip tambahan  dimulai dari Rp 2.000 – Rp 24.000. Warung Nasi Uduk Bang Udin berada di Jalan Palmerah Barat. Warung Bang Udin dibuka mulai pukul 17.00 – 00.30 WIB.

Demikianlah salah satu pilihan nasi uduk spesial  yang menjadi menu andalan dari warungnya Bang Udin ini. Jika Anda penasaran silakan mencoba dan mencicipi, dijamin pasti ketagihan.

Baca Juga :  Resep Pizza Rumahan Pake Teflon Yang Mudah


Cara membuat Nasi uduk Semur Jengkol

Bahan yang dibutuhkan :

Bahan untuk membuat Nasi Uduk :

3/4 liter beras

3 lembar salam

3 batang sereh

65 ml santan kelapa, ditambah air kira-kira sebatas ujung jari

Garam sesuai kebutuhan

Bahan semur jengkol :

0,25 kg buah jengkol yang matang

5 sendok makan kecap manis

1 sendok makan kecap asin

1 sendok makan gula merah

3 buah cengkeh

1 batang kayu manis

Garam sesuai kebutuhan

1/2 liter air

0,25 gr pala dihancurkan

3 lembar salam

Bumbu yang sudah dihaluskan untuk semur :

6 biji bawang merah

1 biji bawang putih

1 batang jahe

3 kemiri

Bahan keringan tempe :

1 papan tempe bungkus daun

5 cabai merah, dipotong-potong

5 biji bawang merah, dipotong-potong

1 biji bawang putih, dipotong-potong

1 sendok teh gula merah diparut halus

Kecap manis sesuai kebutuhan

Garam sesuai kebutuhan

Bahan untuk membuat sambel :

10 biji cabai merah

5 biji cabai rawit

5 biji bawang merah

1 biji bawang putih

1 biji tomat

Bahan pelengkap :

Potongan ketimun serta krupuk

Taburan  Bawang goreng

1 butir telur kocok


Cara Membuat :

Cuci hingga bersih beras, tuang dalam  rice cooker, tambahkan santan kelapa, daun salam, garam, serta serai, aduk-aduk sedikit, lalu hidupkan rice cookernya, masak nasi seperti biasanya, jika membikin nasi uduk, jangan lupa kadang-kadang diaduk-aduk nasinya supaya masaknya benar-benar tanak, Masukkan garam secukupnya lalu diaduk hingga merata.

Baca Juga :  Nasi Uduk Pasar Thomas yang selalu ramai

Memasak semur jengkol : Cuci hingga bersih jengkol kemudian rebus hingga empuk dipadukan dengan daun salam serta serai, Agar supaya tidak berbau waktu jengkol direbus. Selanjutnya angkat dan guyur jengkol beserta air masak. Tekan-tekan dengan ulekan. Setelah itu bumbunya ditumis hingga wangi, masukkan air, parutan gula merah, kecap asin, kecap manis, serta garam lalu aduk sampai rata, kemudian tambahkan jengkolnya, aduk hingga rata dan diamkan sampai masak hingga kuah jadi kental.

Membuat keringan tempe : potong tempe dengan ukuran memanjang, lalu goreng hingga masak, selanjutnya oseng bumbu hingga wangi, tambahkan tempe, kecap manis, gula merah dan garam, aduk sampai rata, periksa rasa lalu angkat.

Membuat Sambal Goreng dan Telur dadar : Seluruh bahan sambal direbus, kemudian diulek atau diblender, masukkan garam serta minyak goreng sesuai kebutuhan.Kemudian masak dadar telur dan potong-potong jika telah masak.

Saat ini semuanya telah masak, Atur nasi dalam piring sajian, masukkan  sambel, keringan tempe, semur, iris-irisan telur, krupuk dan potongan ketimun, Nasi uduk siap dihidangkan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Nasi Uduk Semur Jengkol