Apa itu GPU Berikut Penjelasannya
Gambar : tekno.kompas.com

Apa itu GPU ? Berikut Penjelasannya

Salah satu bagian terpenting pada perangkat komputer adalah GPU. GPU? Apa itu GPU ? Tentu ada yang bertanya demikian. Jadi, dulunya segala proses yang ada di dalam komputer bisa terselesaikan dengan adanya CPU. Akan tetapi, perlahan-lahan tuntutan dari segi grafis terus naik. Selain itu, banyak software-software yang bermunculan untuk banyak kegiatan, sehingga CPU sudah mulai tidak bisa lagi melakukan tugasnya secara maksimal. Sehingga muncullah yang namanya Graphic Processing Unit.

Jadi, salah satu fungsi dari GPU ini adalah untuk membantu kinerja dari CPU. Jelas ya. Jika kita definisikan apa itu GPU, maka jawaban sederhananya adalah GPU atau Graphic Processing Unit ini adalah chip yang ada pada program komputer untuk kepentingan tampilan atau desain grafis. Tugas dari Graphic Processing Unit ini adalah untuk melakukan render yang ada pada gambar, animasi hingga video yang akan tampil di layar laptop kamu.

Tatkala tengah menggunakan komputer, terutama saat kamu terhubung dengan display, nonton film misalnya, pasti kamu berharap bisa melihat gambar yang super halus, dan detail. Ia kan? Maka, hal inilah yang menjadikan Graphic Processing Unit sudah terlampau banyak disematkan di perangkat yang mempunyai kapabilitas agar bisa menampilkan tampilan display menarik.

Baca Juga :  5 Jenis Kebutuhan Spesifikasi Komputer Server

Apa itu GPU

Fungsi Graphic Processing Unit

Setelah mengetahui apa itu GPU, kamu pasti bertanya-tanya apa saja fungsinya. Maka, secara sederhana, terdapat beberapa fungsi dari GPU ini. Simak penjelasannya berikut.

Grafis

Fungsi GPU yang pertama adalah untuk memproses grafis yang masuk. Lalu menampilkannya pada layar perangkat kamu dengan kualitas maksimal. Bagi para gamer, designer, pegiat animasi, tentu sangat membutuhkan GPU ini. Karena memang menuntut grafis yang super bagus. Atau, Graphic Processing Unit juga sangat penting bagi para editing. Dengan adanya Graphic Processing Unitsegala aktivitas kamu akan terasa lebih nyaman dan mudah. Berbeda halnya dengan kondisi sebelum adanya GPU ini.

Computer berulang

Manfaat Graphic Processing Unit berikutnya adalah untuk komputasi komputer paralel. Jadi, fungsi GPU bukan hanya sebatas memperbagus tampilan grafis pada komputer kamu. Melainkan juga bisa melakukan komputasi computer tadi. Apabila kamu menggunakan banyak aplikasi yang non grafis yang memang butuh komputasi secara terus menerus atau berulang, maka Graphic Processing Unit pasti sangat membantu kamu.

Baca Juga :  Cara Hapus Akun Twitter yang Mudah Banget

Jenis GPU

Sebagaimana telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, bahwa Graphic Processing Unit ini sudah banyak tersemat pada setiap komputer yang digunakan oleh semua orang. Terutama pada komputer grafis. Benar kan? Meskipun demikian, Graphic Processing Unit juga dapat kamu gunakan untuk smartphone.Hal ini karena smartphone terbaru sekarang  yang sudah sangat canggih. Bahkan sudah banyak smartphone yang menyediakan banyak aplikasi yang memang menuntut display 3D ini. Sehingga, keberadaan Graphic Processing Unit terbukti sangat penting. Tanpa adanya Graphic Processing Unit (termasuk untuk smartphone), maka sudah barang tentu akan membuat tampilannya tidak maksimal, tampilan grafisnya bahkan bisa terlihat lebih kasar, jauh dari kata halus. Dan biasanya, tampilan-tampilan seperti ini adalah ponsel sederhana yang tidak dipergunakan untuk bermain game, menonton video, atau aktivitas lain yang membutuhkan display maksimal.

Salah satu Graphic Processing Unit yang lumayan sering atau banyak digunakan adalah PowerVR. Graphic Processing Unit ini adalah chip grafis yang dibuat oleh Video Logic. Dulunya, Video Logic pernah menjadi salah satu pemain yang cukup besar dalam memeriahkan dan meramaikan persaingan dunia VGA. Selain PowerVR, masih ada beberapa GPU lain.

Baca Juga :  Cloud Storage Adalah? Simak Penjelasannya Berikut

Demikian beberapa pembahasan seputar apa itu Graphic Processing Unit dan beberapa hal yang terkait dengannya. Yuk tentukan GPU yang akan kamu gunakan. Semoga bermanfaat.