Cara Menanam Porang

Cara Menanam Porang Untuk Dapatkan Hasil Terbaik

Cara Menanam Porang – Saat ini, Porang tengah menjadi perbincangan para petani karena banyak dari mereka mendapatkan kesuksesan melalui tanaman tersebut. Tetapi ada juga sebagian orang belum mengenal betul apa itu Porang? Sehingga banyak dari mereka belum tahu bagaimana cara menanam porang untuk pemula.

Porang merupakan jenis tanaman umbi yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan dikenal dengan sebutan latin yaitu A. Oncophyllus. Karena hal tersebutlah, maka banyak petani beralih untuk membudidayakan porang akan dapatkan hasil terbaik sehingga berikan keuntungan besar.

Seorang petani pemula tentu akan sangat membutuhkan berbagai informasi bagaimana cara menanam porang dengan baik. Oleh sebab itu, berikut akan dijelaskan tahap demi tahap untuk bisa menghasilkan tanaman porang terbaik sesuai dengan keinginan para petani tentu dengan memperhatikan sejumlah hal penting.

Pengolahan Tanah dan Pengelolaan Air

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan menanam porang baik itu untuk cara tanam porang di polybag atau media tanam lainnya, maka petani harus memperhatikan pengolahan tanahnya. Di mana tanah yang sangat disarankan untuk digunakan adalah tanah yang subur dan juga gembur. Dengan begitu umbi porang nantinya akan tumbuh dengan lebih subur dan juga sehat.

Baca Juga :  4 Aplikasi Penghasil Uang Halal Yang Wajib Kamu Coba

Selain pengolahan tanah, dalam menanam porang juga dibutuhkan perhatian khusus pada pengelolaan airnya. Karena tanaman Porang ini lebih dianjurkan untuk ditanam di ladang atau tanah yang kering. Setidaknya kandungan airnya itu kurang dari 40 persen dari kapasitas air di seluruh bidang tanah sehingga akan memunculkan akar yang lebih cepat.

Dengan pengolahan tanah dan pengelolaan air yang benar sesuai yang dibutuhkan, maka cara menanam porang di lahan sempit sekalipun akan tetap bisa dilakukan dengan lebih baik. Yang terpenting semuanya dipersiapkan dengan sangat matang untuk dapatkan umbi porang dengan nilai ekonomis paling tinggi.

Memilih Bibit Untuk Menanam Porang

Cara menanam porang untuk pemula selanjutnya adalah pastikan untuk memilih bibit yang akan ditanam nanti disesuaikan dengan jarak tanamnya. Sebagai contoh, jika bibit memiliki ukuran berat sebesar 500 gram maka sangat dianjurkan sekali menanamnya dalam jarak 90 x 90 cm. Dan untuk ukuran bibit dengan berat 200 gram maka jarak tanamnya 30 x 30 cm.

Apabila pemilihan bibit sudah dilakukan dengan benar maka perhatikan cara pemupukan porang yang benar pula. Untuk menjadikan prosesnya semakin kompleks dan hasilkan tanaman porang terbaik. Setelah itu barulah para petani bisa menunggu waktu hingga 3 tahun agar menghasilkan umbi tanaman porang dengan ukuran lebih besar.

Baca Juga :  Wajib Tahu, Harga Tanaman Porang

Penyiangan Tanaman Porang

Menanam Porang juga harus memperhatikan penyiangannya. Penyiangan gulma harus dilakukan di awal-awal pertumbuhan tanaman tersebut. Dan biasanya penyiangan ini akan dilakukan dengan cara manual pada saat umur porang 30, 60 dan juga 90 hari dihitung setelah penanaman awal dilakukan.

Untuk porang sendiri, penyiangan bisa dilakukan 2 kali selama pertumbuhan tanaman tersebut. Dengan begitu akan sangat bagus hasilnya sehingga sebagai petani pemula akan sangat merasa puas dengan tanaman porang yang berikan keuntungan besar.

Siapkan Modal Untuk Bercocok Tanam Porang

Sebenarnya menyiapkan modal harus dilakukan pada awal sekali ketika sudah memutuskan untuk menanam porang ini. Namun pada penjelasan ini diinformasikan di akhir paragrap, agar pembaca bisa lebih antusias mengetahui prosesnya terlebih dahulu.

Untuk menanam Porang dibutuhkan modal setidaknya lahan agar bisa menanam tanaman tersebut. Modal tanam porang 1 hektar juga sudah sangat cukup untuk memulai bercocok tanam. Setelah itu siapkan bibit dan pekerja agar bisa mendapatkan hasil terbaik untuk dapat dipasarkan dan berikan nilai tinggi.

Baca Juga :  Cara Memilih Broker Forex Terpercaya

Dalami pengetahuan tentang menanam porang, dengan begitu modal yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia begitu saja. Bahkan Anda bisa mengembalikan modal tersebut beserta keuntungan besar dari hasil yang didapatkannya.

Demikian cara menanam porang yang bisa diikuti setidaknya oleh para petani pemula. Lakukan tahap demi tahap sesuai dengan yang sudah dijelaskan. Sehingga bisa dapatkan tanaman porang terbaik dan menambah semangat Anda untuk bercocok tanam sesuai dengan hobi dan juga bisa dijadikan sebagai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.