olahan ubi jalar kukus

Olahan Ubi Jalar Kukus Yang Lembut Dan Enak

Olahan Ubi Jalar KukusUbi jalar menjadi satu diantara varian umbi yang terkenal di Indonesia. Rasa manisnya sangat khas sekali, Mudah didapat dengan harga yang terjangkau, maka banyak diminati setiap orang.

Ubi jalar sendiri adalah sejenis makanan olahan yang cukup membuat kenyang. Disamping itu, makanan ini bisa juga dipakai sebagai alternatif pengganti nasi ketika diperlukan.

 

olahan ubi jalar kukus

Makanya tidak aneh bila Anda berasa kenyang saat mengkonsumsi ubi meskipun belum sarapan nasi. Bukan hanya diolah menjadi kue bolu tetapi bisa juga dibikin menjadi beberapa varian olahan seperti tape, getuk, singkong goreng, keripik singkong dan lain-lain.

Disamping itu, ubi jalar dikenal untuk dijadikan isian kolak disamping pisang. Dikombinasikan dengan rasa kuah yang manis serta rasanya yang nikmat pastinya menjadikan kolak yang Anda bikin bakal berasa lebih spesial untuk keluarga.

Disamping enak dibuat menjadi suguhan renyah, ubi jalar tidak kalah enak ketika dibuat menjadi kue, lho. Satu diantaranya olahan ubi jalar kukus.

Tidak perlu susah-susah di panggang menggunakan oven, dikukus pun bisa juga.Pas jadi cemilan dikala sedang suntuk, berikut resep ringkas cara membuat olahan ubi jalar kukus yang sangat lembut.

Baca Juga :  Nasi Uduk Palagan Yogyakarta

Untuk Anda yang berminat untuk membikin kue olahan ubi jalar kukus, Anda dapat mengikut cara dan langkah membuatnya pada artikel kami kali ini.

Beberapa bahan yang diperlukan :

  • Ubi ungu 250 gr
  • Tepung terigu 100 gr
  • Gula pasir 100 gr
  • 3 butir telur 3 butir
  • santan kelapa kental 70 mililiter
  • 4 sendok makan margarin yang sudah dilelehkan
  • Susu bubuk 4 sendok makan
  • Emulsifier ½ sendok teh
  • Ekstrak vanila ½ sendok teh

Cara memasak :

  1. Kupas dan bersihkan ubi ungu menggunakan air mengalir hingga bersih.
  2. Kukus ubi di panci hingga betul-betul masak. Apabila sudah, lumatkan ubi sampai halus bisa menggunakan alat pelumat.
  3. Selanjutnya, masukan ubi yang telah dilumatkan ke blender. Masukkan santan kental, lalu blender hingga lembut. Pinggirkan lebih dulu ke tempat lain.
  4. Masukkan gula pasir, telur, ekstratk vanila, dan emulsifier ke baskom. Aduk semua bahan itu memakai mixer dengan kecepatan tinggi. Tunggu hingga lembut dan kaku.
  5. Setelah itu, masukkan paduan ubi dan santan kental jadi satu. Kocok kembali hingga bercampur rata. Tidak perlu menggunakan mixer, cukup memakai spatula dengan cara diaduk bolak-balik.
  6. Masukan ayakan tepung terigu – Campurkan tepung terigu dan susu bubuk ke baskom, lalu aduk-aduk dengan rata. Tambahkan paduan tepung ke adonan dengan diayak-ayak hingga lembut. Lakukan hingga habis sembari diaduk-aduk.
  7. Selanjutnya, masukkan juga margarin yang telah dilelehkan ke adonan. Gunakan kembali mixer untuk mengocoknya, namun dengan kecepatan yang rendah. Aduk sesaat saja hingga bercampur rata.
  8. Kukus adonan ubi hingga masak – Persiapkan loyang yang telah ditambahi alasnya dengan kertas kue atau dibaluri dengan sedikit margarin. Tuangkan adonan bolu ke loyang dengan sedikit dihentak-hentakkan agar rata. Masukan loyang yang sudah terisi adonan ke panci kukusan yang telah dipanaskan.
  9. Setelah itu, letakkan lap kain di bawah penutup panci agar uap tidak merembes ke dalam, lalu tutup dan kukus adonan bolu ubi jalar selama kira-kira 30 menit. Apabila sudah masak, Cepat angkat serta hidangkan olahan ubi jalar kukus.
Baca Juga :  Nasi Uduk Bungkus Kebon Kacang

Demikianlah resep dan langkah simpel membuat olahan ubi jalar kukus yang sangat halus. Kamu dapat menambah parutan keju sebagai toping, agar semakin endeus.

Bila anda sudah berhasil membuat olahan ubi jalar kukus di atas, maka bisa dipastikan apabila Anda bisa menyajikan makanan spesial yang dipakai sebagai hidangan lezat buat Anda dan keluarga setiap hari.

Disamping itu, Anda bisa juga menyuguhkannya saat ada tamu yang hadir berkunjung ke rumah Anda, Terima kasih atas perhatiannya mudah-mudahan berguna.