cara membuat martabak manis teflon tanpa ragi

Cara Membuat Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi

Cara Membuat Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi – Ragi pengembang atau fermipan merupakan salah satu bahan yang pastinya tidak asing lagi buat kamu yang biasa dan gemar membuat berbagai jenis kue. Begitupun dengan membuat martabak manis. Kamu dapat menambahkan ragi atau tidak, tergantung dari hasil yang diinginkan. Penambahan ragi akan membuat adonan kue lebih mudah mengembang, terasa empuk, dan juga terlihat lebih cantik.

cara membuat martabak manis teflon tanpa ragi

Akan tetapi tidak salah juga jika kamu ingin membuat martabak manis teflon di rumah tanpa menggunakan ragi pengembang. Sebenarnya cara membuat martabak manis teflon sangat mudah dilakukan. Hanya saja perbedaannya dengan martabak manis yang dijual diluaran sana adalah dari segi pengembangan dan teksturnya. Tetapi, martabak yang tidak mengandung fermipan diklaim sedikit lebih sehat dibanding martabak manis teflon fermipan meski bahan ini diperbolehkan penggunaannya dalam takaran yang wajar.

Alat dan Bahan Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi

Untuk mengetahui cara membuat martabak manis teflon tanpa ragi maka terlebih dahulu harus disiapkan berbagai bahan dan alat yang akan digunakan untuk memasak. Adapun beberapa alat yang diperlukan seperti wadah untuk adonan, teflon atau wajan untuk memasak, pengocok telur (whisk) atau bisa juga menggunakan mixer. Selain itu juga diperlukan sendok dan garpu untuk mengaduk adonan. Tidak lupa juga memerlukan kompor untuk memasak.

Baca Juga :  Kue Tradisional Dari Ubi Jalar Yang Enak

Sedangkan bahan yang diperlukan adalah bahan utama untuk membuat kulit martabaknya dan juga toping yang digunakan diatasnya. Untuk toping kamu dapat menggunakan berbagai jenis toping yang kamu sukai seperti keju, cokelat, pisang, ketan hitam, kelapa, kacang, dan berbagai toping lainnya. Bahkan saat ini ada berbagai kreasi yang menggunakan selai cokelat atau cokelat batangan yang dilelahkan.

Kombinasi dari berbagai bahan toping juga banyak dilakukan oleh beberapa penjual martabak manis. Sehingga cita rasa yang dihasilkan akan semakin beragam dan bergantung pada selera yang dimiliki oleh masing-masing orang. Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam berry segar dan selainya jika ingin berkreasi.

Sedangkan bahan utama terdiri dari:

  • 300 gram tepung terigu lebih baik yang sudah di ayak
  • 2 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 4 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • ½ sendok the soda kue
  • Air mineral secukupnya
  • Margarin untuk mengolesi martabak

Cara Membuat Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, maka kamu bisa melanjutkan membuat martabak manis teflon tanpa ragi dengan mengikuti cara dan tahapan di bawah ini:

  1. Kocok telur dengan menggunakan pengocok (whisk) atau dapat menggunakan mixer. Kocok hingga kuning telur menyatu dengan putihnya sehingga adonan telur memutih.
  2. Tambahkan gula pasir, garam, soda kue, dan vanili bubuk. Aduk lagi hingga merata.
  3. Selanjutnya tambahkan susu cair dan aduk kembali hingga merata.
  4. Setelah adonan merata tambahkan tepung terigu secara perlahan dan aduk hingga tidak ada adonan menggumpal.
  5. Tambahkan sedikit air mineral apabila adonan belum mengencer. Biarkan adonan selama sekitar 1 jam agar adonan cepat mengembang saat dimasak.
  6. Siapkan kompor, teflon, dan oleskan margarin pada teflon. Lalu panaskan diatas kompor.
  7. Masukkan adonan martabak manis secukupnya. Taburi sedikit gula pasir apabila kamu menyukai rasa manis sesuai dengan selera.
  8. Biarkan hingga matang dan adonan kecokelatan.
  9. Selanjutnya martabak manis dapat diangkat dan dihiasi dengan toping yang kamu inginkan sesuai dengan selera.
Baca Juga :  7 Pilihan Nasi Uduk Spesial yang Gurih dan Enak

Itulah tips dan resep cara membuat martabak manis teflon tanpa ragi. Kamu dapat mempraktekkannya di rumah. Mudah bukan membuatnya.