Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Cara Membuat Martabak Manis Teflon Enak dan Lezat

Cara Membuat Martabak Manis Teflon – Siapa yang tidak kenal dengan cemilan enak bernama martabak manis. Menu yang umumnya dicetak pakai teflon tersebut tidak harus dibeli di luar. Karena bisa dibuat sendiri dengan mudah dan tidak ribet. Apalagi resep martabak manis teflon spesial itu sendiri tidak sesulit yang kamu bayangkan.

cara membuat martabak manis teflon tanpa ragi

Penasaran seperti apa cara membuat martabak manis teflon rumahan sederhana? Simak berikut!

Kadang dalam mencoba membuat menu camilan di rumah sering dihantui rasa takut, ya takut kalau gagal. Tapi tenang saja, kamu bisa simak resep martabak manis teflon anti gagal berikut sampai selesai.

Cara membuatnya diawali dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan jangan lupa atur sesuai takaran ya!

Bahan untuk membuat Martabak Manis Teflon

  1. Telur satu butir, usahakan pilih telur omega yaitu telur khusus untuk membuat kue, termasuk camilan ini.
  2. Gula pasir 25 gram
  3. Tepung terigu protein sedang sebanyak 25 gram
  4. Ragi atau fermipan 2 sampai 3 gram
  5. Garam 1 gram
  6. Air 150 ml
  7. Baking powder ¼ sdt
  8. Margarin yang dilelehkan/dicairkan 1 sdm.
Baca Juga :  Olahan Singkong Modern Mudah dan Enak

Cara Membuat Martabak Manis Teflon

Dalam resep martabak manis teflon fermipan ini, kamu bisa pilih topping atau taburan apa saja. Seperti cokelat, kacang, keju dan lainnya. Setelah itu, berikut untuk tutorialnya:

  1. Setelah semua bahan siap, kamu bisa lelehkan margarinnya terlebih dulu di sebuah wadah. Setelah itu, tambahkan telur dan gula pasir, kemudian aduk sampai semuanya rata. Di sini, kamu bisa pakai mixer biar lebih cepat.
  2. Kalau adonan sudah rata, segera masukkan garam, ragi, tepung terigu dan air. Aduk kembali sampai benar-benar halus. Jika sudah, diamkan selama kurang lebih 45 menit dengan menutup adonan itu pakai kain.
  3. Selang 45 menit kemudian, kamu bisa cek hasil adonan yang telah dibuat akan sedikit berbuah. Kamu perlu menambahkan baking powder dan sedikit margarin yang telah leleh. Jangan lupa untuk aduk lagi sampai semua bahan tercampur jadi rata.
  4. Siapkan teflon anti lengket untuk membuat martabak manis dan panaskan agar nantinya adonan yang dituang bisa matang sempurna.
  5. Adonan yang dituang tidak perlu banyak-banyak dan jika sudah kelihatan bersarang, segera beli gula lalu tutup dan masa sampai matang.
  6. Kalau matang, topping bisa ditaburkan di atas martabak. Kamu bisa menambahkan susu jika kamu menyukainya.
Baca Juga :  Olahan Ubi Kekinian Yang Simpel dan Enak

Cara membuat martabak manis  sangat mudah dan praktis, kan? Kamu bisa mencoba sendiri di rumah lho. Tapi, kalau kamu tidak ada mixer kamu bisa memanfaatkan alat lainnya seperti whisk. Jadi resep martabak manis teflon tanpa mixer itu pun sama, hanya alat pengaduk adonannya saja yang diganti dengan alat lainnya.

Dalam membuat martabak tersebut, kamu bisa menggunakan teflon besar maupun kecil atau mini. Jadi, dapat disesuaikan dengan selera. Dengan begitu, meski di rumah saja kamu tetap bisa bereksperimen dalam membuat resep martabak manis Bangka tanpa harus membeli di luar.

Bahkan kamu pun bisa membuat resep martabak teflon bersarang dengan mudah sesuai bahan-bahan di atas. Kunci dari cara membuat martabak manis teflon tersebut ada pada bahan pengembang kue dan adonan yang didiamkan dalam wadah tertutup. Sehingga, pas dicek adonan seperti bersarang.

Bagaimana jika tidak ada ragi? Cara membuat martabak manis teflon tanpa ragi atau resep martabak manis teflon fermipan tanpa mixer juga bisa dan sama seperti cara yang telah disebutkan di atas. Jika tidak ada ragi/fermipan bisa diskip. Kemudian tidak ada mixer bisa diganti pengocok adonan yang lainnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi