Financial Planning Pengertian dan Gagasan

Financial Planning : Pengertian dan Gagasan

Saat masuk ke dunia kerja dan memulai hasilkan uang sendiri, kata “financial planning” tentu seringkali kamu dengar. Meski begitu, tidak seluruhnya orang betul-betul pahami ide financial planning dan cukup banyak yang belum mengaplikasikannya. Walau sebenarnya, financial planning penting untuk capai arah-tujuan keuangan yang di harapkan.

Financial planning atau perencanaan keuangan menolongmu membandingkan yang mana jadi kemauan, yang mana sebagai keperluan, dan yang mana dapat diundur dan harus diprioritaskan. Financial planning seseorang berlainan dengan lainnya, bergantung dari keadaan keuangan masing-masing serta arah apa yang ingin diraih.

 

Pengertian Financial Planning

Perencanaan keuangan (Financial Planning) ialah sebuah proses yang mana seorang pribadi usaha untuk penuhi arah-tujuan keuangannya lewat peningkatan dan implikasi dari sebuah gagasan keuangan (financial planning) yang mendalam.

Dari pengertian itu, karena itu perencanaan keuangan itu secara ide sebagai satu aktivitas yang terbagi dalam beberapa komponen. Maknanya, jika seorang dapat dengan senang mengatakan “Yes, I am doing financial planning now”, karena itu ia harus punyai banyak hal berikut ini:

  • Harus ada arah-tujuan financial yang ingin di raih,
  • Musti ada periode waktu atau masa untuk penuhi arah itu,
  • Action rencana yang pasti dan ringkas untuk dilaksanakan,
  • Memiliki sumber daya yang dapat di pakai untuk jalankan action rencana.
  • Ada beberapa factor risiko yang berkaitan dengan opsi sumber daya.
Baca Juga :  Cara Cuan Investasi Kripto, langkah dan strateginya

 

Bila rupanya ada satu komponen saja yang lenyap, karena itu ide perencanaan keuangan itu tidak ada alias buyar. Bukti lapangan, ada banyak pribadi yang sering akui punyai gagasan keuangan, tapi tidak dapat mengatakan arah keuangannya dengan cara tepat. Atau ada pula yang punyai arah-tujuan financial tapi tidak mempunyai action rencana yang pasti untuk capai maksudnya itu.

Di samping itu, perencanaan keuangan ialah sebuah proses yang tak pernah stop alias selalu berkepanjangan. Hidup itu seperti roda yang tetap berputar-putar demikian pula proses perencanaan keuangan. Ini karena kondisi keuangan seorang atau sebuah keluarga akan beralih-alih searah dengan peralihan keperluan keuangan, kondisi ekonomi, dan tingkatan kehidupan.

Misalnya, jika awalnya bujang selanjutnya menikah, tentu saja akan mengubah secara mencolok gagasan keuangan seorang. Semula cuman untuk seseorang saat ini menjadi keluarga. Begitupun jika keluarga alami tambahan bagian keluarga lewat kelahiran anak ingin juga pengurangan bagian keluarga karena wafat. Semua peralihan itu tentu saja mempunyai imbas keuangan yang cukup banyak.

Gagasan Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan yang bagus akan hasilkan sebuah gagasan keuangan (financial planning) yang pasti dan mempermudah sang pemilik gagasan untuk capai arah keuangannya. Gagasan keuangan ini seperti sebuah peta blueprint yang bisa memperlihatkan ke mana arah keadaan keuangan pribadi atau keluarga akan jalan. Sebuah gagasan keuangan yang mendalam dan komplet sebaiknya terdiri dari 4 sisi berikut ini:

  1. Management kekayaan (wealth manajemen),
  2. Perencanaann asuransi (risk and insurance rencana),
  3. Perencanaan pensiun (pension rencana),
  4. Perencanaan peralihan harta bawaan (pension planning).
  5. Maka jika rupanya gagasan keuangan kita sekarang ini baru terpusat cuman di management kekayaan saja, karena itu maknanya ide yang kita ketahui berkenaan sebuah gagasan keuangan belum juga tepat.
Baca Juga :  Cara Menabung Emas di Pegadaian

Membuat suatu gagasan keuangan dapat dilaksanakan sendiri, atau jika ingin lebih bagus serta lebih terancang dapat memakai jasa seorang Perencana Keuangan Mandiri. Jika perlu rujukan Perencana Keuangan bersertifikasi yang andal di Indonesia, dapat check di sini.

Namanya gagasan pasti tidak jamin 100% kesuksesan. Tetapi, tanpa gagasan, saya percaya kesuksesan itu akan makin susah didapat. Karena Anda tidak paham dengan tentu kapan akan sakit, kapan akan stop bekerja, dan masalah usia hidup dalam dunia, karena itu perencanaan keuangan sebagai tutorial yang dapat menolong Anda.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Gagasan Financial Planning, semoga artikel ini bermanfaat buat temen-temen semua.