Cara Jitu Daftar Kartu Prakerja Agar Lolos
Cara Jitu Daftar Kartu Prakerja Agar Lolos

Cara Jitu Daftar Kartu Prakerja Agar Lolos

Anda sering gagal atau tidak lolos saat mengikuti program daftar kartu prakerja. Coba simak ulasan cara jitu daftar kartu prakerja agar lolos

Apakah anda salah satu di antara lainnya yang mendaftar kartu prakerja tapi gagal? Jangan bersedih dahulu, ada cara jitu agar daftar kartu prakerja lolos 100% khusus buat anda.

Apalagi sebentar lagi program kartu prakerja gelombong 17 akan segera di buka. Tentu program ini menjadi incaran orang yang mengikuti program dari pemerintah tersebut.

Sayangnya pada gelombang ini pihak Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja bernama Louisa Tuhatu, hanya menyediakan kuota sebanyak 44.100 penerima saja.

Jadi bukan tidak mungkin kini persaingan mendapatkan kartu prakerja semakin sulit. Perbandingan pendaftar dan penerima sangatlah jauh.

Misalnya pendaftar membludak hingga jutaan dan hanya menerima puluhan ribu saja. Hal ini jelas membuat orang mencari cara mudah daftar kartu prakerja agar lolos. Sebelumnya pastikan anda mengetahui syarat sebagai pendaftar, adapun sebagai berikut :

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Calon peserta prakerja harus faham betul, apa saja syarat yang di butuhkan untuk mengikuti program kartu prakerja dari pemerintah tersebut.

  1. Harus warga asli negara Indonesia.
  2. Usia harus di atas 18 tahun.
  3. Tidak sedang mengikuti pembelajaran atau sekolah maupun kuliah.
  4. Tidak termasuk dalam penerima bantuan sosial, di masa pandemi Covid-19.
  5. Bukan seorang Pejabat Negara, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN atau BUMD, Kepada Desa serta perangkat desa, prajurit TNI, ASN, Pimpinan dan Anggota DPRD.
  6. Maksimal dalam 1 KK hanya 2 NIK penerima kartu prakerja. Selebihnya tidak boleh alias gagal.
Baca Juga :  Sangat Mudah! Inilah Cara Mendapatkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Cukup dengan enam syarat mutlak mengikuti program kartu prakerja. Begitu mudah sekali syaratnya, meski begitu calon peserta harus bertekad kuat bisa lolos dan jangan lupa berdoa.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Setelah syarat pendaftaran anda sudah mengerti dan merasa layak mengikuti program kartu prakerja. Silahkan anda melakukan daftar, sebab semuanya kini secara online. Jadi sangat praktis dan mudah, adapun caranya sebagai berikut :

  1. Buka browser, kunjungi link https://www.prakerja.go.id
  2. Tap menu “Daftar Sekarang”.
  3. Pada laman ini silahkan anda isi alamat email, password, konfirmasi password lalu centang persetujuan dan tap tombol buat akun.
  4. Selanjutnya masukan data diri anda baik nomor Kartu Keluarga dan NIK anda sendiri. Ikuti sesuai petunjuk yang ada.
  5. Jika semua sudah selesai. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes kemampuan dasar dan motivasi secara online.
  6. Klik “Gabung” saat gelombang tersebut sudah di buka.
  7. Terakhir silahkan nantikan pengumuman peserta lolos pada seleksi gelombang itu lewat SMS.

Bagaimana mudah sekali bukan? Cara daftar kartu prakerja secara online.

Baca Juga :  Cara Daftar KTP Online, Cukup 15 Menit Saja

Tips Agar Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Tentu belum cukup, jika hanya mendaftar saja tanpa mengetahui tips agar lolos seleksi kartu prakerja berikut ini :

1. Pastikan Anda Kerjakan Tes dengan Baik

Ketika anda mendaftar untuk mengikuti gelombang seleksi. Calon peserta yang berminat kartu prakerja, terlebih dahulu harus kerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar.

Adapun tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dalam diri anda, sekaligus potensi yang saat ini anda miliki.

2. Perhatikan Larangan dengan Teliti

Penting sekali memahami aturan yang berlaku untuk mendapatkan kartu prakerja. Adapun bukan berstatus ASN, Pejabat Negara, Kepala desa dan lain sebagainya.

3. Isi Data dengan Benar

Ketika anda mengisi data diri untuk keperluan pendaftaran kartu prakerja, cek dahulu semuanya sudah benar apa belum. Mulai dari alamat email, nomor HP dan lain sebagainya. Pastikan email dan nomor HP anda selalu aktif.

4. Cek Kembali Syarat Daftar Prakerja

Saat anda mengunggah atau upload file seperti foto KTP dan persyaratan lain. Pastikan anda mengecek kembali data KK dan NIK sudahkah benar.

Baca Juga :  Kode Bank BTPN Untuk Transfer Antar Bank

Jika terjadi ketidak sesuaian antara NIK dan KK, anda bisa melapor ke Call Center Dukcapil di nomor telepon 1500-538 atau bisa langsung datang ke Dukcapil terdekat.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara jitu daftar kartu prakerja, agar lolos seleksi dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba.