cara daftar bansos
Gambar : idxchannel.com

Inilah Cara Daftar BANSOS Terbaru

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) masih terus menyediakan program bantuan sosial (bansos) di tahun 2021. Inilah Cara Daftar BANSOS Terbaru.

cara daftar bansos(1)
Gambar : Republika.co.id

Adapun bansos yang di salurkan Kemensos antara lain yaitu bantuan pangan non tunai (BPNT), bansos tunai (BST), bansos program keluarga harapan (PKH).

Sebelumnya penyaluran bansos tunai (BST) telah selesai pada April 2021. Tetapi, pemerintah memberikan tambahan alokasi bantuan BST hingga Juni 2021.

Bansos Yang di Kelola Oleh Kemensos

Adapun dua program bansos yang di kelola oleh kemensos yang masih berjalan di tahun 2021, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Untuk PKH, Kemensos telah menyediakan anggaran dana sebesar Rp 28,17 triliun untuk 10 juta KPM. Ada 3 kelompok dalam bansos PKH yaitu kesehatan untuk anak usia dini dan ibu hamil.

Sedangkan untuk kelompok pendidikan yaitu SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat, SMA/MA sederajat. Yang terakhir, kesejahteraan untuk penyandang disabilitas dan lanjut usia 70 tahun keatas.

Dalam bansos PKH, kelompok dalam setiap KPM akan di berikan maksimal 4 jiwa.

Baca Juga :  3 Cara Top Up Genshin Impact

Bantuan sosial tersebut di salurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Dasar pelaksanaan DTKS terdapat dalam Undang Undang (UU) nomor 13 Tahun 2011, Peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 29 tahun 2017 dan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 5 tahun 2019.

Oleh sebab itu, untuk masyarakat yang berminat terlebih dahulu segera mendaftarkan diri menjadi peserta KPM DTKS Kemensos.

Berikut ini syarat untuk mendaftar menjadi peserta KPM DTKS Kemensos.

Syarat Daftar Bansos

  • Warga tidak mampu/miskin.
  • Bukan merupakan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.

Untuk bansos tunai (BST), pastikan jika anda merupakan warga masyarakat yang terdampak Covid-19 atau kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Jika sudah memenuhi syarat seperti yang di sebutkan di atas, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran peserta KPM DTKS Kemensos melalui cara sebagai berikut.

Cara Daftar BANSOS Terbaru

Tidak dapat melakukan pendaftaran secara online. Lakukan pendaftaran dengan mendatangi aparat pemerintah daerah setempat seperti RT/RW atau datang ke kantor Kelurahan/Desa setempat.

Baca Juga :  Cek Yuk, Cara Daftar BPJS Kesehatan Bagi Pemula

Jika sudah mendaftar di RT/RW atau kantor Kelurahan/Desa. Berikutnya akan mendapatkan surat pemberitahuan yang berisi teknis pendaftaran pada tempat yang sudah di tentukan.

Setelah itu, anda wajib membawa data diri seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), NIK serta kode unik keluarga di data terpadu.

Setelah mengisi data dengan lengkap, lalu akan di proses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, kantor walikota/kabupaten.

Sedangkan khusus untuk BPNT, akan di buatkan rekening bank dan diberi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) juga berfungsi untuk pendaftaran KIP kuliah.

Apabila sudah selesai melakukan pendaftaran peserta KPM DTKS Kemensos, anda bisa mengecek apakah lolos berhak mendapatkan bansos atau tidak.

Warga yang lolos verifikasi dan validasi akan masuk dalam DTKS yang telah di tetapkan oleh Menteri Sosial.

Cek Penerimaan Bansos

Untuk melakukan pengecekan bisa anda lihat pada halaman cekbansos.kemensos.go.id atau dapat melalui aplikasi SIKS-Dataku.

Pada halaman tersebut, isi data anda seperti nama provinsi, kota/kabupaten, desa dan kecamatan. Setelah itu lengkapi data diri anda sesuai dengan KTP.

Baca Juga :  Cara Mencetak Sertifikat Vaksin Bagi Kamu yang Belum Tahu

Lalu untuk verifikasi masukkan kode berupa huruf dan angka. Kemudian klik cari data. Jika anda masuk dalam data penerimaan bansos nantinya akan muncul nama anda.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang cara alur daftar Bansos 2021 secara lengkap dengan syarat, serta cara cek penerimaan Bansos. Tujuannya agar pembaca menjadi lebih mengerti bagaimana mendaftar Bansos yang benar dan tepat. Selamat mencoba.