Cara Daftar DTKS Online
Gambar : pikiranrakyat.com

Cara Daftar DTKS Online Terbaru Menggunakan NIK KTP

Cara daftar DTKS online ini penting sekali untuk anda ketahui, jika anda ingin mendapatkan bantuan sosial dari Kemensos. Seperti yang sudah diketahui, bahwa Kemensos sejak Januari 2021 lalu telah mencairkan berbagai macam jenis bansos. Ada tiga jenis bansos yang di salurkan melalui Kemensos antara lain seperti PKH, BST Rp 300 ribu dan BPNT atau kartu sembako.

Salah satu syarat penerima bansos dari Kemensos yaitu masyarakat termasuk golongan fakir miskin yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS berisi 40% penduduk yang berstatus kesejahteraan sosial rendah di Indonesia.

Terlebih dahulu anda harus mengecek apakah nama anda sudah terdaftar sebagai peserta penerima bansostuk mengetahui hal tersebut, anda dapat mengecek melalui laman dtks.kemensos.go.id.

Apabila ada masyarakat Indonesia yang tergolong tidak mampu atau fakir miskin berarti dapat mendaftarkan diri menjadi peserta DTKS. Mengeceknya juga bisa di lakukan secara online. Di bawah ini langkah-langkah pendaftaran DTKS untuk mendapatkan bansos dari Kemensos.

Cara Daftar DTKS Online(1)
Gambar : pikiran-rakyat.com

Cara Daftar DTKS Online

Bagi anda yang belum terdaftar menjadi peserta bansos, anda dapat melakukan pendaftaran dengan melakukan beberapa hal. Cara daftar DTKS online di dtks.kemensos.go.id caranya yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, lakukan pendaftaran peserta KPM melalui perangkat desa setempat RT/RW di desa masing-masing.
  • Apabila sudah mendaftar akan mendapatkan surat pemberitahuan teknis pendaftaran membawa data diri lengkap seperti KTP/NIK, KK, dan kode data terpadu.
  • Setelah data sudah lengkap akan di proses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten.
  • Terakhir, apabila pendaftaran telah selesai di verifikasi selanjutnya akan dibuatkan rekening bank dan pembuatan kartu KKS.
Baca Juga :  Cara Daftar PKH Online 2021, Cek Syaratnya !

Sebenarnya tidak ada cara daftar DTKS secara online, tetapi yang bisa di lakukan secara online hanyalah pengecekan data DTKS-nya.

Cara Cek Peserta DTKS Online

  • Langkah pertama silahkan anda masuk dalam laman dtks.kemensos.go.id.
  • Kemudian pilih ID yang akan anda masukkan. Di sini ada tiga pilihan ID yaitu ID DTKS/BDT, NIK dan Nomor PBI JK/KIS.
  • ID DTKS yaitu ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Pada umumnya data ini telah tersimpan oleh dinas sosial kota atau kabupaten.
  • Apabila anda tidak memiliki ID DTKS, anda bisa mengklik pilihan NIK atau Nomor PBU JK/KIS.
  • Setelah itu, anda dapat memasukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang sudah anda pilih di awal tadi
  • Kemudian, jangan lupa masukkan nama sesuai dengan ID yang anda pilih.
  • Lalu, masukkan kata yang terdapat pada box captcha.
  • Kemudian, klik cari.
  • Terakhir, proses pencarian nama anda pada DTKS telah selesai. Jika anda terdaftar, maka nanti akan ada pemberitahuan bahwa anda terdaftar sebagai peserta DTKS.

Apabila anda ingin melakukan pengecekan keterdaftaran secara langsung, anda bisa langsung mengunjungi Dinas Sosial Kota/Kabupaten setempat mengenai pendataan.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Bantuan UMKM 2021

Layanan Pengaduan

Apabila saat melakukan pengecekan bantuan sosial anda menemukan kendala atau terjadi permasalahan, ada layanan yang dapat anda hubungi. Anda dapat menghubungi layanan pengaduan melalui:

Via email : bansoscovid19@kemsos.go.id

Via WhatsApp : 0811-1022-210

Perlu diketahui, pengaduan melalui via WhatsApp tidak dapat menerima telepon. Anda dapat mengirim pesan dengan format tertentu.

Formatnya yaitu mengisi nama lengkap (spasi) nomor KTP (spasi) alamat lengkap (spasi) aduan yang ingin anda sampaikan.

Sebenarnya, cara daftar DTKS online di dtks.kemensos.go.id cukuplah mudah. Selain itu, anda juga dapat melakukan pengecekan apakah sudah terdaftar sebagai peserta penerima bansos apa belum. Jadi seperti itu kiranya alur pendaftaran DTKS via online yang bisa di sampikan. Selamat mencoba.