Cloud Storage Adalah Simak Penjelasannya Berikut

Cloud Storage Adalah? Simak Penjelasannya Berikut

Cloud storage adalah media atau alat penyimpanan yang mengandalkan jaringan internet dalam hal pengaksesan data.  Penyimpanan keren ini adalah sebuah terobosan baru yang sangat luas biasa.

Dulu, hardisk dan flashdisk merupakan tempat atau wadah penyimpanan data paling aman. Tapi sekarang, banyak masyarakat yang mulai meninggalkan keduanya. Sebab perkembangan dunia internet sudah menghasilkan banyak produk-produk luar biasa. Salah satunya adalah produk berupa tempat penyimpanan, namanya adalah cloud storage atau penyimpanan awan. Mungkin masih ada sebagian orang yang bertanya apa itu cloud storage. Nah, maka dari itu, kali ini akan kami bahas seputar cloud storage adalah apa. Atau apa itu cloud storage.

cloud storage

Pengertian Cloud Storage

Sebelum membahas pengertian cloud storage atau cloud storage adalah, kamu harus tahu dulu, bahwa media penyimpanan yang satu ini mengandalkan dan sangat erat kaitannya dengan jaringan internet. Karena memang berbasis online. Sehingga, ketika ingin menggunakannya, pastikan dulu bahwa jaringan internet kamu stabil. Karena berbasis online, media penyimpanan satu ini menawarkan berbagai macam keunggulan dari pada penyimpanan yang offline. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut.

Baca Juga :  Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar

Jadi, cloud storage adalah media atau alat penyimpanan yang mengandalkan jaringan internet dalam hal pengaksesan data.  Penyimpanan keren ini adalah sebuah terobosan baru yang sangat luas biasa. Kalau soal keuntungan dan keunggulannya tentu tidak perlu kamu ragukan lagi. Karena sudah dibuktikan  oleh banyak orang. Data yang telah kamu simpan ke dalam penyimpanan awan ini nantinya akan disimpan ke sejumlah server yang telah dan akan dikelola pihak penyedia. Pihak pengelola ini terkenal dengan sebutan hosting.

Untuk saat ini, penyimpanan awan ini jauh lebih memikat daripada penyimpanan model lama. Karena kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan terkena virus ataupun kerusakan lainnya. Karena biasanya, ketika menggunakan penyimpanan offline, tentu sangat rentan terkena virus dan file menjadi rusak. Hal ini tentu akan sangat merugikan kamu, dan menghambat banyak pekerjaan.

Bukan hanya itu saja, seluruh data yang telah kamu amankan ke penyimpanan awan ini terjamin keamanannya. Dan pasti tidak akan hilang. Dan yang paling menarik adalah, kamu bisa mengaksesnya kapanpun. Selagi kamu tersambung dengan jaringan internet ya.  Sayangnya, kapasitas penyimpanan gratis yang bisa kamu manfaatkan cukup terbatas. Jika menginginkan kapasitas yang lebih mumpuni, kamu bisa menggunakan yang versi berbayar. Kamu bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan kamu. Untuk saat ini, sudah banyak jenis cloud storage. Seperti layanan iCloud, Google Drive, OneDrive, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  5 Keunggulan Aplikasi Sadap HP

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

Nah, agar semakin yakin menggunakan penyimpanan berbasis online ini, berikut adalah beberapa keuntungan yang harus kamu tahu.

Tidak Rempong

Keuntungan pertama adalah tidak rempong. Maksudnya adalah, kamu tidak perlu membawa flashdisk maupun hardisk kemana-mana. Cukup bawa ponsel kamu saja. Karena penyimpanan satu ini basisnya online, maka kamu hanya perlu ponsel dan jaringan. Tidak lebih. Dengan demikian, sudah pasti tidak akan ketinggalan, karena bagaimanapun, ponsel kan sudah menjadi barang yang akan kamu bawa kemanapun, sehingga tingkat tertinggalkan akan sangat kecil.

Semua file terjamin aman

Keuntungan yang kedua adalah dari segi keamanan. Tentu, kamu mendambakan penyimpanan yang terjamin ‘keamanannya’. Maka, dengan memiliki penyimpanan keren ini artinya kamu telah memilih hal yang benar. Karena penyimpanan satu ini memang menjamin semua data-data yang ada di dalamnya. Bahkan, tidak akan ada yang namanya file rusak di sini. Seperti apa bentuk file saat kamu simpan, maka seperti itulah wujudnya ketika kamu butuhkan sewaktu-waktu.

Baca Juga :  Apa itu GPU ? Berikut Penjelasannya

Jadi, sudah sangat jelas, bahwa cloud storage adalah penyimpanan yang paling aman buat kamu. semoga bermanfaat.