nasi uduk bungkus kebon kacang

Nasi Uduk Bungkus Kebon Kacang

Nasi Uduk Bungkus Kebon Kacang

Menu nasi uduk yang berikut ini memang terkenal. Di warung kepunyaan Bapak Zainal Fanani, Kamu dapat merasakan kenikmatan rasa nasi uduk bungkus Kebon Kacang yang asli. Wanginya nasi uduk yang gurih dikombinasikan dengan ayam goreng yang empuk. Hmm, Lezatnya!

nasi uduk bungkus

Banyak yang memakai nama “Kebon Kacang”

Awal mulanya, sering saya makan nasi uduk dengan tagline “Kebon Kacang” di lokasi lain. Sampai di banyak daerah yang jauh dari Kebon Kacang, usaha nasi uduk yang memiliki nama sama dapat dijumpai di satu tempat yang tidak begitu jauh. Semua mengakui jika nasi uduknya asli. Wah, jadi kebingungan nih!

Karena ingin tahu, siang itu saya mendatangi wilayah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Ingin merasakan nasi uduk asli yang berada di Kebon Kacang. Sesudah berkali-kali menanyakan ke penduduk sekitaran, pada akhirnya saya ditujukan pada suatu warung milik Bapak Zainal Fanani di Jalan Kebon Kacang  nomor 8.

Datang di warungnya yang memiliki nuansa Betawi, saya segera menatap pada etalase kaca dengan beragam pilihan lauk. Lantaran belum makan siang, tentunya naluri perutku langsung seketika kelaparan menyaksikan jejeran udang,ayam, tempe, tahu, empal, usus dan paru yang siap menjadi santapan untuk mendampingi makan nasi uduk.

nasi uduk bungkus

Karena kelaparan, maka spontan sayapun langsung melahap. Paha ayam, udang, usus dan empal  menjadi sasaran pilihan. Pada saat menanti lauknya nasi uduk dimasak. Nasi uduknya memiliki ukuran kecil dibungkus dengan pelepah pisang. Inilah jenis penyajian nasi uduk yang menjadi keunikan Betawi. Pelepah pisang yang berupa kerucut melindungi nasi selalu hangat dan bau wewangian nasinya jadi harum merebak. Apa lagi diatasnya diberi bawang merah goreng. hemmm, mantap!

Baca Juga :  Nasi Uduk Betawi Gondangdia

Sayapun jadikan nasi uduk  ini menjadi ‘camilan’ sambil menanti lauk tiba. Setelah dibuka, nasinya berhamburan dan tidak rekat bersamaan. Hemm, nasinya gurih hangat dengan bau serai serta daun salam yang menyengat di hidung. Perlahan-lahan sambel juga saya taruh di atas piring makan, dari sambel kacang, sambel pete serta sambel terasi.

Sensasi rasa di Warung Nasi Uduk bungkus Kebon Kacang

Ingin menikmati kesan yang berbeda, saya mencampur sambal terasi,sambal kacang,  kecap dan perasan jeruk nipis. Nasi uduk standar dengan topping bawang goreng diolesi dengan sambel yang manis pedas asam ini rasanya nikmat benar!

Racikan beragam sambal memberikan sensasi yang berbeda. Perasan jeruk nipis memberikan kesan asam, sedikit kecap manis memberikan kesan manis. Intinya lengkap rasanya!

nasi uduk bungkus

Sayapun mengambil lagi nasi uduk yang ke-2 . Karena porsinya yang kecil, saya segera membuka tiga porsi nasi uduk sekalian di atas piring. Satu potong gorengan empal serta gorengan ayam yang empuk dan gurih langsung tiba melengkapi nasi. O,ya sangat menyenangkan tentu saja bila makannya menggunakan jari tangan!

Seluruh lauknya memiliki kecocokan. Sama gurih dan empuk dengan sensasi di luarnya krispi! Diawali dari ayam, usus, empal,  udang, tahu serta tempe yang dimasak sampai kuning keemasan menggunakan minyak goreng  panas berlimpah. Kadang-kadang, saya meneguk es jeruk yang menyegarkan untuk pencuci mulut dari timbunan sisa-sisa lemak di lidah.

Baca Juga :  Olahan Singkong Modern Mudah dan Enak

nasi uduk bungkus

Awal mula berdiri Warung Nasi Uduk bungkus Kebon Kacang

Nasi uduk Kebon Kacang ini mulai dirintis semenjak tahun 1967 oleh Abdul Hamid Toha. Waktu itu, posisinya masih ada di dalam suatu belokan jalan Kebon Kacang 1. Saat Abdul wafat, si anak, Zainal Fanani meneruskan usaha itu. Tempatnya juga beralih ke jalan Kebon Kacang 8 no.5.

Karena tempatnya yang strategis, warung nasi uduk ini ramai didatangi lebih-lebih di jam makan siang dan makan malam. Banyak pula pegawai perkantoran atau bahkan juga pengunjung pasar Tanah Abang yang singgah ke warung nasi uduk populer ini dan menjadi pilihan nasi uduk spesial yang enak. Sudah  tentu karena suka gurih nikmatnya!

Warung Nasi Uduk serta Ayam Goreng Zainal Fanani

 Jl. Kebon Kacang VIII No.5

Jakarta Pusat

Telpon: 021-31903863

Buka: 10.00 – 24.00


Resep Nasi uduk bungkus

Untuk 5 porsi

Siapkan bahan-bahan:

1/2 liter beras

1,5  tangkai batang serai

Sedikit cengkeh

1/4 biji pala

Sedikit kembang pala

Baca Juga :  Nasi uduk semur jengkol Bang Udin Rawa Belong

garam secukupnya

1/2 liter perasan santan

3 helai pelepah pisang (dibentuk seperti bikin lontong)

Irisan telur dadar

Bawang goreng secukupnya

Sedikit minyak bawang goreng (supaya harum)

Cara Memasak :

Siapkan panci lalu masak Beras bersama perasan santan, kemudian masukkan serai,pala,cengkeh,garam,kembang pala.

Sesudah matang, Nasi dikukus menggunakan dandang.Tunggu sambil diaduk sampai matang.

Sesudah itu, tuangkan di dalam panci sembari disiram dengan minyak bawang, lalu nasi uduk tersebut dibungkus menggunakan pelepah pisang, taburi sedikit bawang goreng serta iris-irisan telor dadar.

Nasi uduk bungkus telah selesai dan siap dihidangkan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Nasi Uduk Kebon Kacang