manfaat ubi ungu untuk diet

Manfaat Ubi Ungu Untuk Diet

Manfaat Ubi Ungu Untuk Diet – Dari serangkaian kajian yang telah banyak dirilis menyatakan bahwa mengkonsumsi ubi ungu itu memiliki efek yang baik sekali bagi tubuh kita karena di dalam  ubi ungu terdapat kandungan sebagai sumber karbohidrat yang bisa menjadi makanan pengganti dari nasi.

manfaat ubi ungu untuk diet

Disamping itu, di dalam ubi ungu juga  terdapat fungsi sebagai anti-oksidan antara lain fenol dan flavonoid yang mempunyai peranan penting  sebagai anti mikroba, anti mutagenik,  anti bakteri dan anti viral . Ubi ungu memiliki kandungan sejumlah mineral dan vitamin seperti vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, lemak, serat kasar, riboflavin,  protein, vitamin B serta zat kandungan lain yang sangat bermanfaat.

Dengan demikian sumber makanan ini kaya akan  jumlah kandungan mineral, vitamin serta anti-oksidan dalam varian umbi umbian ini, jadi tidak heran bila ubi ungu banyak memiliki manfaat termasuk manfaat ubi ungu untuk diet yang akan kami ulas di bawah ini.

Mengontrol Berat Badan

Banyak orang mengkonsumsi telur rebus sebagai makanan untuk menjaga diet, Namun ternyata makanan sejenis umbi-umbian seperti ubi ungu  juga baik sekali digunakan untuk mengontrol berat badan sebab memiliki unsur rendah kalori,  tetapi kaya akan kandungan gizi dan serat makanan yang tinggi. Ubi ungu dipakai menjadi satu diantara makanan diet pilihan untuk menjaga berat badan.

Kandungan serat dalam ubi ungu akan membuat perut lebih cepat kenyang dan mengurangi hasrat untuk ngemil. Walaupun hanya dengan makan satu porsi kecil saja telah cukup mengambil manfaat ubi ungu untuk diet yang dapat membikin anda kenyang lebih lama. Sehingga sangat membantu dalam menahan keinginan makan yang terlalu berlebih dan secara tidak langsung akan membuat berat badan menjadi berkurang.

Mengontrol Sistem Pencernaan

Ubi ungu sebagai makanan yang tinggi akan kandungan serat, kandungan serat ubi ungu memiliki kadar yang lebih tinggi dibanding dengan kentang. Serat ini sangatlah diperlukan sebagai fungsi dalam mengontrol sistem pencernaan.

Baca Juga :  Mana Sajakah Kota yang Dikunjungi BTS Map of The Soul Tour?

Tekstur ubi ungu yang dapat diolah menjadi bermacam-macam makanan, menjadikan manfaat ubi ungu untuk diet sangat variatif bagi semua orang, apalagi kandungan dari makanan ini  bagus untuk usus dan perut.Bahkan kandungan vitamin C , beta karoten, vitamin B Kompleks, dan kalsium dapat membantu gejala penyakit radang perut, maag, serta mencegah sembelit serta dapat membentuk zat asam.

Dengan terkontrolnya sistem pencernaan yang baik, maka penimbunan lemak, kotoran, dan beragam zat yang tidak berguna dapat dibersihkan dari  tubuh, dengan demikian secara alamiah akan dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terlalu banyak.

Mengontrol Stabilitas Gula Darah

Ubi ungu memiliki kandungan sari pati kanji yang bekerja dengan cara menaikkan kandungan gula darah secara perlahan-lahan, maka dari itu sangatlah dianjurkan buat para pengidap diabetes untuk mengambil manfaat ubi ungu untuk diet.

Makanan ini baik sekali dikonsumsi sebagai pengontrol kadar gula darah serta resistensi insulin. Ubi ungu juga memiliki kandungan serat yang sangat bagus untuk mengontrol kestabilan kadar insulin, lipid dan gula darah pada tubuh.

Mengontrol Kadar Air Dalam Tubuh

Kandungan serat yang terdapat dalam ubi ungu bukan sekedar bermanfaat untuk mengontrol stabilitas berat badan saja, tetapi juga dapat  mengontrol keseimbangan cairan terutama air pada tubuh.

Dengan menjaga keseimbangan cairan secara baik pada tubuh, maka  manfaat ubi ungu untuk diet akan sangat terasa pada terkontrolnya berat badan serta dapat mendukung keberhasilan penurunan berat badan anda secara lebih cepat.

Mengendalikan Kadar Cholesterol

Kandungan serat pada makanan ubi ungu juga bermanfaat untuk mengurangi kadar cholesterol yang tinggi pada darah. Karena kandungan seratnya cukup memenuhi Angka Kecukupan Gizi tubuh sampai sekitar 33%,

Baca Juga :  Eklampsia pada ibu hamil kenali gejalanya

Kandungan karbohidrat di dalam ubi ungu memiliki manfaat untuk mengurangi kadar cholesterol yang berlebihan sehingga manfaat ubi ungu untuk diet dalam mengendalikan kadar kolesterol sangat baik sekali.

Mengendalikan tingkat stress yang berlebihan

Korelasi antara kenaikan berat badan dengan tingkatan stress seseorang memiliki pengaruh yang sangat tinggi. Makin tinggi tingkatan stress seseorang, maka performa tubuh akan terpengaruh.

Hal ini akan  mengakibatkan  banyak zat penting yang semestinya dibersihkan atau dibakar untuk menghasilkan energi menjadi terganggu. Sehingga hanya disimpan saja di dalam tubuh dan akhirnya terjadi penumpukan yang berlebih.

Menurunkan hasrat kebiasaan makan yang berlebihan

Banyak orang menganggap untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi kebiasaan memakan makanan-makanan tertentu yang mengandung lemak serta zat buruk yang berlebihan seperti minuman soda, minuman mengandung alkohol, makanan yang manis-manis.

Untuk mengendalikan hasrat ingin mengkonsumsi jenis makanan-makanan tertentu tersebut, maka dapat dimulai dengan cukup membiasakan makan dengan ubi ungu ini saja, dengan tujuan dapat mengurangi berat badan.

Makanan Sehat yang menjadi pilihan Program Diet

Jumlah serat yang terkandung dalam ubi ungu serta beberapa kandungan gizi yang lengkap didalamnya bermanfaat sebagai sumber energi saat melakukan aktivitas sepanjang hari.

Dengan mengkonsumsi ubi ungu ini, perut berasa tidak cepat lapar dalam waktu lama tanpa harus mengkonsumsi banyak cemilan makanan.

Kandungan Anti-oksidan yang sangat tinggi

Ubi ungu sebagai sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi juga menjadi sumber anti-oksidan yang baik sekali untuk mencegah radikal bebas yang memicu zat yang dapat merusak susunan DNA yang dapat menyebabkan problem serius seperti penyakit jantung, penumpukan lemak,  serta penyakit kanker.

Kandungan Vitamin C yang terdapat pada ubi ungu bermanfaat untuk menambah produksi collagen yang berfungsi menciptakan penampilan kulit menjadi lebih fresh dan menghilangkan selulit sebab lemak menjadi tidak menumpuk pada sel kulit.

Baca Juga :  Gaji Kurir SiCepat : Tugas dan besaran Gaji

Memelihara Jantung dan Pembuluh Darah.

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi seperti ubi ungu baik sekali untuk mengontrol sistem Jantung dan pembuluh darah.

Hal ini secara tidak langsung akan juga menurunkan berat badan karena tidak ada penimbunan lemak pada kardiovaskular. Ubi ungu bertugas sebagai komponen penurun kadar cholesterol jahat.

Pada kandungan lain yaitu vitamin B6 dapat mengikis homocysteine yaitu zat yang bertanggungjawab pada kerusakan pembuluh darah serta mengakibatkan permasalahan pada jantung serta penumpukan lemak.

Sedang manfaat kalium pada ubi ungu bertugas dalam menetralkan resiko natrium pada tubuh untuk mengontrol tekanan darah dan penumpukan air yang mengakibatkan berat badan berlebih.

Sebagai Makanan yang memiliki  Index Glikemik Rendah

Mengkonsumsi ubi ungu tidak membuat kandungan gula darah makin tinggi karena peresapan glukosa akan dihambat ketimbang mengkonsumsi makanan dengan gula biasa.

Hal ini bukan hanya berguna untuk mengatur berat badan tetapi bermanfaat juga untuk mengendalikan penyakit diabetes.

Manfaat ubi ungu untuk diet diperoleh dari kandungan serat yang tinggi, mineral, vitamin,  serta anti-oksidan di dalam makanan umbi ini, membuat ubi ungu menjadi salah satu makanan yang layak tersedia pada menu diet setiap hari agar dapat tercipta berat badan yang normal dan tetntu saja tubuh menjadi sehat.