Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami
Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

Hingga kini, ada banyak cara menyembuhkan sariawan. Salah satu obat yang cukup terkenal dapat menyembuhkan sariawan adalah ‘Ademsari’. Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh manusia. Penyakit ini akan membuat para penderitanya merasakan kesulitan saat mengkonsumsi makanan dan minuman.

Hingga kini, ada banyak cara menyembuhkan sariawan. Salah satu obat yang cukup terkenal dapat menyembuhkan sariawan adalah ‘Ademsari’. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya, ada cara-cara lain yang dapat kamu tempuh untuk menyembuhkan rasa sakitnya. Agar kamu bisa mengkonsumsi makanan dan minuman secara nyaman tanpa adanya rasa sakit sedikitpun.

Penyebab Sariawan

Sebelum membahas seputar proses atau cara menyembuhkan sariawan, ada baiknya jika kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Tapi menariknya, nyaris semua sumber menyatakan, bahwa hingga kini, belum diketahui dengan jelas penyebab dari sariawan. Nah, karena tidak diketahui dengan jelas apa penyebabnya, tentu membuat kita tidak bisa mencegah datangnya sariawan. Untuk sariawan yang terjadi pada bibir, lidah, dan skeitar mulut terjadi karena adanya infeksi virus ataupun jamur, kekurangan nutrisi, hingga alergi makanan. Dan kadang-kadang, sariawan juga bisa terjadi ketika kamu tengah stress, system imun tubuh yang tengah bermasalah, siklus menstruasi, mulut kering, luka pada mulut, hingga perubahan hormone.

Baca Juga :  Irzan Faiq Pemeran Aiden Antares

Obat Sariawan Alami

Pada umumnya, penyakit satu ini dapat sembuh sendiri jika sudah memasuki hari ke 10 hingga 14. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika sariawan ini justru akan menetap pada mulut kamu sampai berminggu-minggu, atau bahkan ada juga sariawan yang meninggalkan bekas. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu kamu kan? Sehingga, perlu dilakukan yang namanya pengobatan. Agar tidak berlangsung lama, berikut adalah cara menyembuhkan sariawan.

Berkumur-kumur dengan air garam

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan berkumur-kumur dengan air garam. Cara satu ini terbilang cukup klasik, tapi terbukti ampuh dalam menyembuhkan sariawan. Dengan berkumur-kumur menggunakan air garam, nyeri yang ada akan reda, begitupun dengan peradangan yang terjadi. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan beberapa jaringan yang terkena sariawan, seperti bibir, gusi, mulut, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan cara menyembuhkan sariawan satu ini, kamu hanya perlu mencampurkan sesendok teh garam ke dalam setengah gelas air yang hangat. Kemudian, berkumur-kumurlah dengannya hingga 15 menit atau 30 menit. Atau, jika kamu tidak ingin menggunakan garam, maka kamu bisa menggantinya dengan baking soda dengan cara yang sama.

Baca Juga :  9 Pemain Sepak Bola Indonesia Yang Mendunia

Oleskan madu

Cara mengobati sariawan yang kedua adalah dengan mengoleskan sariawan dengan madu. Khasiat madu bagi kesehatan memang tidak dapat kita pungkiri ya. Bahkan, sudah banyak penelitian-peneltiian yang menyebutkan manfaat madu. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan sariawan. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu ke bagian sariawan paling tidak tiga hingga empat kali dalam sehari. Lakukan sampai sariawan yang kamu lakukan sembuh. Sebelum mempraktekkan cara satu ini, kamu meski memperhatikan jenis madu yang akan kamu gunakan. Karena hanya madu asli yang bisa membantu proses penyembuhan. Maka, pastikan dulu bahwa madu yang kamu gunakan adalah madu asli atau madu murni.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Cara menyembuhkan sariawan yang tidak kalah ampuhnya adalah dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Ketika mengalami sariawan, akan lebih baik jika kamu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu. Seperti zat besi, vitamin c, vitamin B, dan lain sebagainya.

Demikian dua cara menyembuhkan sariawan yang bisa kamu coba. Maka mulai sekarang, yuk atasi sariawan kamu dengan menggunakan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.